DMI.OR.ID, SURABAYA – Satu per satu peserta Pelatihan Penataan Kualitas Akustik Masjid dari sejumlah provinsi di Indonesia telah berdatangan ke Kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan PT. TOA Galva Prima.

Pelatihan ini akan diselenggarakan pada Senin (8/2) hingga Rabu (17/2), bertempat di Balai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Surabaya.

Hingga saat ini, tercatat ada 30 peserta yang telah hadir sebagai tim akustik yang diutus oleh 11 Pimpinan Wilayah (PW) DMI. Mereka datang ke surabaya dengan menggunakan pesawat terbang, kapal laut, hingga bus antar provinsi.

11 Provinsi itu adalah Sumatera Utara (Sumut) sebanyak tiga orang, Lampung sebanyak satu orang, Sumatera Selatan (Sumsel) sebanyak tiga orang, Kepulauan Riau (Kepri) sebanyak tiga orang, dan Jambi sebanyak tiga orang.

Adapun Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sebanyak tiga orang, Kalimantan Timur sejumlah tiga orang, Kalimantan Utara (Kaltara) sebanyak tiga orang, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak tiga orang, dan Gorontalo sebanyak dua orang, serta Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak tiga orang.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, panitia lokal PW DMI Provinsi Jatim telah menjemput enam peserta dari Tim Akustik PW DMI Provinsi Kalsel dan Kaltara, dengan mobil, di Bandar Udara (Bandara) Juanda, Sidoarjo, Jatim, pada Ahad (7/2) pagi.

Sedangkan pada Ahad (7/2) siang, panitia lokal PW DMI Provinsi Jatim telah menjemput 23 peserta dari Tim Akustik PW DMI Provinsi Sumut, Sumsel, Kepri, Jambi, Kalbar, Kaltim, NTB, dan Gorontalo. Adapun satu peserta dari Lampung telahtiba pada Ahad (7/2) pagi dengan menggunakan bus antar provinsi.

Sebelumnya, Tim Revitalisasi Akustik Masjid PP DMI, H. Musfidarizal, menyatakan bahwa saat ini ada 50 mobil akutik masjid PP DMI yang sudah beroperasi di Pulau Jawa, Bali, dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Tepatnya ada di Provinsi Banten, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Bali, dan Kepri,” tutur Musfidarizal pada Selasa (2/12) siang, dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID.

Saat ini, lanjutnya, terdapat empat unit mobil akustik masjid yang sedang dan telah beroperasi di Banten, tiga unit di DKI Jakarta, tujuh unit di Jabar, 11 unit di Jateng, tiga unit di DIY, 17 unit di Jatim, dan dua unit di Bali, sera satu unit di Kepri.

Jadi, jelasnya, bagi pengurus masjid yang membutuhkan dapat menghubungi PW DMI di tempat masing-masing. “Tim Akustik DMI Insya Allah siap menjalankan program perbaikan sound system masjid di seluruh provinsi di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, Tim Akustik DMI dapat berjalan di suatu daerah apabila Pimpinan Daerah (PD) DMI telah menyiapkan tenaga dan teknisi untuk operasional akustik masjid.

“Dalam hal ini, PW DMI harus siap sebagai penanggung jawab program akustik masjid, sedangkan PD DMI harus siap sebagai pelaksana program,” paparnya.

Hingga November 2015, jelasnya, Tim Akustik DMI telah membenahi total 13.311 masjid yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali serta di Provinsi Kepri.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani