DMI.OR.ID, DENPASAR – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Bali bersama Pimpinan Pusat (PP) DMI telah menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa logistik sembilan bahan pokok (sembako) kepada para korban bencana longsor dan banjir bandang di Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, pada Senin (13/2).

Penyerahan bantuan ini dipimpin langsung oleh Ketua PW DMI Provinsi Bali, Ustaz H. Bambang Santoso, S.Pd., dan Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (LN) PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M., yang mewakili DMI Pusat, pada Senin (13/2).

Penyerahan ini dilakukan di Pos Koordinasi (Posko) Tanggap Darurat Bencana Alam Tanah Longsor, Kabupaten Bangli, Bali, pada Senin (13/2), dan diterima langsung oleh Wakil Direktur (Wadir) Intelijen dan Keamanan Kepolisian Daerah (Polda) Bali, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dekananto.

“Menurut Kepala Satuan Tugas (Satgas) Posko Tanggap Darurat Bencana Alam Tanah Longsor Bangli, Mayor Infanteri (Inf) TNI Suka Prajaka, jumlah korban meninggal dunia akibat bencana ini ialah 13 orang, sedangkan 111 Kepala Keluarga (KK) dan 475 jiwa mengungsi,” tutur Hery Sucipto dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Senin(13/2).

Mengutip keterangan Mayor Inf. TNI Suka Prajaka, yang juga Kepala Staf Daerah Infanteri Militer (Kasdim) 1626/ Bangli, Hery menyatakan bahwa DMI merupakan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam pertama yang masuk ke lokasi dan memberikan bantuan sosial kepada para korban bencana alam tanah longsor di Kintamani, Bangli, Bali.

“Alhamdulilah, bantuan tahap pertama ini berupa sembilan bahan pokok (sembako) yang diangkut dengan dua mobil. Akomodasi bantuan ke lokasi juga difasilitasi oleh Wadir Intelkam Polda Bali, AKBP Dewananto,” papar Hery.

Sedangkan untuk tahap kedua, lanjutnya, direncanakan sebanyak tiga mobil bantuan yang mengangkut logistik, buku, dan seragam sekolah. Bantuan ini berasa dari jama’ah masjid dan beragam komunitas/ ormas Islam lainnya. “Sekitar empat hari lagi bantuan akan tiba, Insya Allah,” jelasnya.

Menurutnya, hingga kini korban bencana alam tanah longsor di Kintamani, khususnya anak-anak, masih belum mendapatkan bantuan berupa buku dan seragam sekolah. Itu sebabnya DMI Bali akan segera menyalurkan bantuan berupa buku dan seragam sekolah untuk para korban.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani