DMI.OR.ID, BANJARMASIN – Ummat Islam di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya Kota Banjarmasin, patut berbangga karena kondisi masjid-masjid di sini tergolong makmur, baik dari segi fisik (bangunan masjid) maupun segi non fisik (dakwah dan syiar Islam).

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Banjarmasin, Drs. KH. Ibrahim Hasani, menyatakan hal itu saat bersilaturahim dengan Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Kalsel, Selasa (30/6), di Kantor Banjarmasin Post Group, Banjarmasin, Kalsel.

Dalam pertemuan ini turut hadir Ketua Umum PW DMI Provinsi Kalsel, H. Gusti Pangeran Rusdi Effendi, yang juga Pimpinan Umum Banjarmasin Post Group, serta sejumlah PD DMI Kota Banjarmasin seperti Sekretaris Umum, DR. Agus Salim, M.Pd, Wakil ketua I, Drs. AH. Nawawi, MSc, dan Wakil ketua II, H. Sarmiji Asri M.Ag.

Hadir pula tiga orang anggota PW DMI Kota Banjarmasin seperti Drs. Khairil Puadi, MA, Abdi Hikmatullah, S.Ag, dan Taufikurrahman S.Ag. Ketiganya juga menjadi pejabat di Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarmasin.

“Rata-rata kondisi masjid di wilayah kita ini makmur. Kemakmuran masjid tidak dapat dlepaskan dari kemandirian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam menghimpun dana dari masyarakat,” papar Ketua PD DMI Kota Banjarmasin, KH. Iberahim Hasani.

Menurutnya, masjid-masjid di Kota Banjarmasin dapat menghimpun dana melalui jama’ah sholat Jum’at di masjid-masjid itu. Hal ini membutikan kaum Muslimin di Provinsi Kalsel adalah dermawan yang senang bersedekan di masjid-masjid. “Alhamdulillah kondisinya seperti itu,” ungkapnya.

Dalam silaturrahmi ini, KH. Ibrahim Hasani juga menyampaikan keinginannya untuk membentuk pengurus DMI di setiap kecamatan di Kota Banjarmasin. “Hal ini sangat perlu dan sesuai dengan anjuran Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Jusuf Kalla, yang juga Wakil Presiden RI,” paparnya seperti dikutip laman http://kalsel.kemenag.go.id.

Menanggapi hal ini Ketua PW DMI Provinsi Kalsel, H. Gusti Pangeran Rusdi Effendi, menyatakan perlu adanya kesepakatan PD DMI dan PW DMI untuk merealisasikan pembentukan pengurus Pimpinan Cabang (PC) DMI Kecamatan se-Kota Banjarmasin.

Rencananya, lanjut Rusdi, rapat PD DMI Kota Banjarmasin dan PW DMI Provinsi Kalsel akan diselenggarakan pasca Idul Fitri 1 Syawl 1436 hijriah. “Jadi, para Camat di kota Banjarmasin harus di undang dan dilibatkan dalam pembentukan pengurus PC kecamatan ini,” paparnya.

Rusdi pun mengakui terbatasnya dana di PW DMI Provinsi Kalsel, baik itu di provinsi maupun tingkat kota. “Sedikit ada kendala namun selama ini, kalau kami kalau hendak melakukan kegiatan seperti pelantikan ke daerah-daerah, selalu ada dana dari pribadi-pribadi pengurus secara urunan,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani