DMI.OR.ID, BULUKUMBA – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bulukumba bekerjasama dengan PT. TOA Galva Prima Industries, Tbk telah menyelenggarakan Pelatihan Penataan Akustik Masjid Se-Sulawesi selama tiga hari, sejak Selasa (25/4) hingga Kamis (27/4), bertempat di Masjid Islamic Center Dato Tiro, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Seperti dikutip dari laman http://makassar.tribunnews.com, pelatihan akustik masjid ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari berbagai kabupaten di Provinsi Sulawei Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan,

Dalam sambutannya, Ketua PD DMI Kabupaten Bulukumba, Drs. H. Andi Muttamar Mattorotang , menyatakan bahwa pemeliharaan akustik masjid di Bulukumba oleh DMI ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Bagi pengurus masjid yang pengeras suaranya tidak nyaman didengar, maka dapat menghubungi DMI di setiap kabupaten dan kota masing-masing untuk dapat membantunya.

“Saya harap, para peserta pelathan akustik masjid ini kelak dapat memperbaiki sound system atau pengeras suara di masjid msing-masing usai pelatihan ini. Pemeliharaan akustik tidak dipungut biaya alias gratis. Pelatihan masjid ini juga bertujuan untuk mempersiapkan masjid-masjid menjelang datangnya bulan suci Ramadhan,” ungkap Andi Muttamar pada Selasa (25/4).

Menurutnya, pelatihan akustik masjid ini merupakan ide cemerlang dari Ketua Umum Pimpinan Pusat DMI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang melihat fakta bahwa sebagian besar akustik masjid dan musholla di beberapa daerah berkulitas buruk. “Kualitas yang buruk itu pada akhirnya mengganggu kekhusyukan beribadah,” ucapnya.

“Kita lihat, khatib berceramah, tapi jamaah banyak yang tidur. Itu antara lain disebabkan kualitas sound system yang mendengung, tidak paham apa yang disampaikan penceramah, akhirnya pesan dakwah pun tak sampai,” ungkap Andi Muttamar yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Periode 2009-2014 itu seperti dikutip dari laman https://www.suaralidik.com.

Pelatihan akustik ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PD DMI Kabupaten Bulukumba dengan dukungan penuh dari Pimpinan Wilayah (PW) DMI Sulawesi Selatan Pimpinan Pusat (PP) DMI. Acara ini bertujuan utuk mewujudkan msi DMI, yakni memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Sedangkan dalam sambutannya, Tim Akustik PP DMI, Drs. H. Aziz Muslim, menyatakan bahwa DMI memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan ummat dan mensejahterakan masjid. Salah satunya ialah dengan memperbaiki dan memelihara akustik masjid.

“DMI punya tanggung jawab untuk memperbaiki akustik masjid. Dengan cara itulah, kami berharap pemberdayaan dan kesejahteraan masjid dapat terwujud dengan baik,” tutur Aziz Muslim pada Selasa (24/4), seperti dikutip dari laman http://makassar.tribunnews.com.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani