DMI.OR.ID, JAKARTA РDewan Masjid Indonesia (DMI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah menjadi pendukung acara The Journey of A Backpaker yang menghadirkan seorang Muslim yang juga penyanyi religi asal Amerika Serikat (AS), Raef Haggag. Acara ini diselenggarakan oleh BRI dan akan tayang setiap hari, Pukul 05.45 WIB, di Trans 7 selama Bulan Ramadhan 1437 Hijriah.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, Raef Haggag juga mengungkapkan kekagumannya kepada masjid-masjid yang ada di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Dari puluhan masjid yang dikunjungi, ia mengaku terkagum-kagum pada tiga masjid dengan alasan berbeda.

“Masjid di Bandung (Al Irsyad Satya) karena arsitektur, Masjid Aschabul Kahfi di Tuban karena unik, dan Masjid Al Aqsa (Masjid Menara) di Kudus karena toleransi luar biasa,” tutur Raef.

Raef pun merasa kaget dengan keberadaan Masjid Ashabul Kahfi karena lokasinya yang ada di dalam gua sehingga orang-rang harus menunduk agardapat masuk ke dalam masjid.

Sedangkan Masjid Menara Kudus membuatnya terharu karena rasa toleransinya. Apalagi masyarakat Kudus tidak memakan daging merah sebagai rasa hormat kepada penganut agama lain.

“Perjalanan ke 30 masjid di Pulau Jawa memang sangat melelahkan karena harus dilalui lewat jalur darat. Apalagi beberapa lokasi sangat sulit dijangkau. Namun rasa lelah ini sangat sepadan dengan banyaknya pengalaman yang saya dapatkan,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani