DMI.OR.ID, BULUKUMBA – Pimpinan Cabang (PC) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Herlang bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dan Penyuluh Agama Kecamatan Herlang telah menggelar Pelatihan Imam dan Khatib Masjid/ Musholla Se-Kecamatan Herlang pada Sabtu (19/8), bertempat di Masjid Besar Babur Rahman, Tanuntung, Herlang, Kabupaten Bulukumba.

Seperti dikutip dari laman https://www.suaralidik.com, Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI Kabupaten Bulukumba, Drs. H. Andi Muttamar Mattorotang, turut hadir dan memberikan kata sambutan. Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah pemateri, diantaranya Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba, Ustaz Muhammad Yusuf Shandy, Lc.

Pemateri lainnya ialah Imam Besar Masjid Islamic Center Dato Tiro Bulukumba, Ustaz H. Mustamin Gau, S.Pd., M.Pd., dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Ustaz H. Arum Spink, S.H.I., serta Sekretaris PD DMI Kabupaten Bulukumba, Drs. H. Mardianto, M.Pd.

Dalam sambutannya, H. Andi Muttamar Mattorotang, menyatakan bahwa peran dan kedudukan Imam dan Khatib masjid sangat penting dalam memimpin masyarakat untuk sholat berjama’ah dan menyampaikan pesan-pesan agama Islam. “Khususnya melalui pembinaan spiritualitas keagamaan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat dan penting sebagai upaya meningkatkan kemampuan, wawasan, dan ilmu pengetahuan seorang Imam dan Khatib yang dipercaya sebagai salah satu komponen penegak amar ma’ruf nahi mungkar,” tutur H. Andi Mutamar pada Sabtu (19/8).

Seperti dikutip dari laman https://sulsel.kemenag.go.id, kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 orang pengurus dan imam majid Se-Kecamatan Herlang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kecamatan Herlang, Hj. Andi Herlawati Makkasau, S.I.P. Ia hadir mewakili Camat Herlang, H. Andi Gusti, sekaligus untuk memberikan kata sambutan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menyeragamkan Manajemen Masjid dan Tahsinul Qira’ah (memperbaiki bacaan) bagi imam Mesjid,” ungkap Hj. Andi Herlawati Makkasau pada Sabtu (19/8)

Hadir pula Kepala KUA Kecamatan Herlang, H. Muhammad Anshar Mahdy, S.Ag., M.A. Ia juga memberikan kata sambutan dalam acara ini dan berharap agar pengurus masjid dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kepada jama’ah masjid.

“Saya berharap agar pengurus masjid memperhatikan Idarah (kelengkapan administrasi), Imarah (keaktifan Kepengurusan), dan Riayah (keindahan/ kenyamanan) masjid. Sedangkan untuk imam mesjid, diharapkan tetap selalu Tahsinul Qira’ah (memperbaiki bacaan),” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani