DMI.OR.ID, BANDAR LAMPUNG – Para pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) di daerah, khususnya di Kota Bandar Lampung, harus berupaya memakmurkan masjid, antara lain dengan menjadikan Masjid sebagai tempat belajar sambil bermain bagi anak-anak, bukan sekedar tempat beribadah.

Harapan dan pesan itu disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, MA, saat melantik dan mengukuhkan kepengurusan Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Lampung periode 2014-2019 di Bandar Lampung, Selasa (8/6).

Sekjen PP DMI itu juga menyampaikan ucapan selamat dari Jusuf Kalla kepada para pengurus yang telah dilantik, sekaligus permintaan maaf karena tidak bisa hadir secara langsung untuk melantik dan mengukuhkan PW DMI Provinsi Lampung. “Pak Jusuf Kalla sangat sibuk melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah sehingga tidak bisa hadir,” tutur Imam.

“PW DMI Provinsi Lampung harus bisa memakmurkan masjid dalan arti luas, tidak hanya menjadikan masjid sebagai tempat beribadah, tetapi juga untuk bersilaturrahim mencari hal positif yang dapat membantu membangun generasi muda dan bangsa ini,” papar Imam saat menyampaikan pesan Jusuf Kalla, seperti dilansir dari laman http://megapolitan.antaranews.com.

Menurut Kalla yang juga Wakil Presiden (Wapres) RI, lanjutnya, semakin banyaknya jumlah masjid yang dibangun dengan kualitas fisik hendaknya juga bisa dimanfaatkan secara optimal untuk beribadah dan pembangunan ummat lebih baik lagi.

Misalnya, paparnya menirukan Kalla, penggunaan teknologi informasi dan alat telekomunikasi seperti gadget dan komputer yang terus meningkat telah mebuat anak-anak dan generasi muda tidak mau datang ke masjid untuk beribadah atau belajar.

“Play Station (PS) atau gadget-gadget itu secara tidak langsung telah merampas fungsi masjid. Hal ini perlu ditanggulangi secara baik, seperti dengan cara membuat dan memperkuat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis masjid serta menjadikan masjid sebagai tempat bermain sambil belajar bagi anak-anak,” tegas Imam.

Dalam kesempatan ini Jusuf Kalla, lanjutnya, juga berharap PW DMI Provinsi Lampung dapat memaksimalkan fungsi masjid dengan memastikan fungsi fisik bangunan, perawatan, kebersihan, dan pengeras suara (sound system) masjid berjalan baik.

“Sound System di masjid-masjid itu harus dipastikan berfungsi dengan baik, artinya suara yang dikeluarkan melalui alat pengeras suara itu dapat didengarkan dan diterima dengan baik oleh para jama’ahnya,” ungkap Imam.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani