www.suara-islam.com DMINEWS, TANJUNG SELOR – Umat Islam Indonesia harus mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan meningkatkan peran empat pilar ummat, yakni masjid, pesantren, perguruan tinggi Islam dan ekonomi syari’ah.

Empat pilar itu sangat penting dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia, yakni terwujudnya keadilan sosial bagi segenap rakyat Indonesia.

Ketua Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Natsir Zubaidi, menyatakan hal itu saat mewakili Ketua Umum (Ketum) PP DMI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Wapres RI, pada Ahad (29/3).

Tepatnya, saat mengukuhkan Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masa khidmat 2014-2019 di Tanjung Selor, Bulungan Kaltara.

“Kita jangan hanya pandai membangun fisik masjid tanpa memiliki kemampuan untuk memakmurkan masjid dan jamaahnya serta masyarakat sekitar,” tutur Natsir dalam rilisnya kepada DMINEWS.

Untuk meningkatkan dan menguatkan peran masjid, lanjutnya, para pengurus masjid harus sadar bahwa masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah ‘mahdoh’ (hablumminAllah) seperti shalat, dzikir dan iktikaf.

Namun, paparnya, masjid juga harus berfungsi sebagai tempat ukhuwah, persatuan umat dan bangsa, pendidikan dan taklim serta ‘muamalah’ dalam arti luas.

“Tugas kemasjidan adalah juga mencerdasan kehidupan bangsa, mensejehteraan dunia serta memperoleh kesejahteraan (hasanah) di akhirat,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani