DMI.OR.ID, PARE-PARE – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pare-Pare menjadi mitra aktif dan strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Pare-Pare dalam penyaluran Dana Hibah Bantuan Masjid sebesar Rp 257 juta kepada 149 masjid se-Kota Pare-Pare.

Seperti dikutip dari laman http://rakyatku.com, Wali Kota Pare-Pare, DR. H. Muhammad Taufan Pawe, S.h., M.H., telah menyerahkan dana hibah bantua masjid sebesar Rp 257 juta kepada 149 masjid se-Kota Pare-Pare, pada Ahad (20/12) di Masjid Agung KH. Abdurrahman Ambo Dalle.

Ketua PD DMI Kota Pare-Pare, H. Abdul Shafatiarah, menyatakan DMI Kota Pare-Pare telah menerima dana hibah bantuan masjid sebesar Rp 257 juta selama tahun 2015. Dana ini dicairkan sebanyak dua tahap, pertama sebesar Rp 100 juta dan kedua sebesar Rp 157 juta.

“Untuk tahap pertama, pencairan bantuan dana hibah masjid sebesar Rp 100 juta dan telah diberikan kepada 39 masjid di empat kecamatan. Rinciannya, 10 masjid di Kecamatan Soreang, delapan masjid di Kecamatan Ujung, enam masjid di Kecamatan Bacukiki, dan 15 masjid di Kecamatan Bacukiki Barat,” papar Shafatiarah pada Ahad (20/12).

Sedangkan untuk bantuan tahap kedua, lanjutnya, adalah sebesar Rp 157 juta. Saat ini, dana hibah bantuan masjid itu sedang dalam dalam proses pencairan dan akan dibagikan kepada 110 masjid.

“Dana hibah bantuan masjid tahap kedua ini akan diberikan kepada 110 masjid. Rinciannya ialah 38 masjid di Kecamatan Soreang, 21 masjid di Kecamatan Ujung, 21 masjid di Kecamatan Bacukiki, dan 30 Masjid di Kecamatan Bacukiki Barat,” ungkapnya.

Sementara Wali Kota Pare-Pare, DR. H. Muhammad Taufan Pawe, S.H., M.H., menyatakan pemberian dana hibah bantuan masjid ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemkot Pare-Pare.

“Dana hibah bantuan masjid Pemkot Pare-Pare telah diberikan melalui PD DMI Kota Pare-Pare sebagai induk dari organisasi masjid. Saat ini, Pemkot tidak boleh lagi memberikan langsung bantuan itu kepada masjid-masjid, seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelas Taufan Pawe.

Taufan juga berharap agar bantuan itu dimanfaatkan dapat dengan baik oleh para pengelola masjid. “Insya Allah untuk tahun-tahun berikutnya, Pemkot Pare-Pare akan berusaha untuk senantiasa meningkatkan jumlah dana hibah ini,” ucapnya.

Dalam acara ini, turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pare-Pare, Dr. H. Syafaruddin, serta jajaran pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Pare-Pare.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani