DMI.OR.ID, JAKARTA – Sejumlah menteri Kabinet Kerja dijadwalkan akan menyampaikan materi dan turut hadir dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Jumat (25/11) hingga Ahad (27/11) nanti di Jakarta. Menteri-menteri itu dijadwalkan memberikan materi terkait dengan program-program kerja DMI.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, mengkonfirmasi hadirnya kelima menteri itu pada Ahad (23/10), seperti dikutip dari laman http://www.republika.co.id/.

Kelima menteri itu adalah Menteri Agama (Menag), Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sosial (Mensos), Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.I.P., Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Ir. H. Rudiantara, M.B.A., dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Dr. H. Sofyan Abdul Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D.,

Seorang menteri lainnya adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy, M.A.P., dan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Prof. Dr. dr. H. Fachmi Idris, M.Kes. Acara ini juga akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI.

Insya Allah akan dilaksanakan pada 25, 26, dan 27 November 2016 dan dibuka di Istana Wakil Presiden (Wapres) oleh Bapak Jusuf Kalla. Sejumlah menteri yang berkaitan dengan program Dewan Masjid juga akan menjadi narasumber,” tutur Natsir pada Ahad (23/10), seperti dikutip dari laman www.republika.co.id.

Rakernas DMI, lanjutnya, akan diikuti oleh Pengurus Wilayah (PW) DMI dari 33 provinsi se-Indonesia dengan tiga perwakilan dari masing-masing provinsi, yakni Ketua, Sekretaris, dan Pimpinan Masjid Agung/ Raya.

“Selain itu, peserta Rakernas juga merupakan perwakilan pimpinan pusat, wilayah, dan anggota departemen PP DMI. Sejumlah menteri juga sudah dijadwalkan mengisi materi di Rakernas DMI yang rencananya akan berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya,” jelas Natsir yang juga Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf.

Rakernas DMI, lanjutnya, akan mengusung tema besar Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid: Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Ummat untuk Bangsa.

“Ada pun sejumlah menteri pengisi materi rakernas DMI adalah Menag Lukman Hakim Saifuddin, berkaitan dengan pembinaan masjid-masjid di Indonesia. Selain itu, ada Menteri ATR / Kepala BPN Sofyan Djalil, berkaitan dengan sertifikasi tanah wakaf masjid,” ungkap Natsir yang juga Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama indonesia (MUI) Pusat.

Narasumber lainnya, imbuhnya, adalah Menkominfo Rudiantara, berkaitan dengan program akustik unggulan DMI. Ada pula Mendikbud Muhadjir Effendy yang berkaitan dengan pendidikan sebagai media pembinaan karakter bangsa, dan Mensos Khofifah Indar Parawansa yang berkaitan dengan pembinaan keluarga.

“Rakernas DMI kali ini juga akan menghadirkan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, berkaitan dengan rencana pemberian BPJS Kesehatan bagi imam dan marbot masjid,” ucapnya.

Menurut Ustaz Natsir, loyalitas imam dan marbot masjid yang bekerja 24 jam sehari sering tanpa perhatian ada perhatian. “Kondisi ini tentu menjadi keprihatinan dan sangat layak apresiasi,” ujarnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdano