DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menyelenggarakan Silaturahim Nasional (Silatnas) Pemuda Remaja Masjid Indonesia pada Jumat (25/1) hingga Sabtu (26/1). Kegiatan ini bertempat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, dan mengangkat tema Peranan Pemuda Masjid dalam Mendorong Kebangkitan Islam.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah organisasi remaja dan pemuda masjid tingkat nasional, yakni Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI, Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), serta Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen). Polisi (Pol). Purnawirawan (Purn). Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Meteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI pada Jumat (25/1) siang.

Saat membuka acara, Waketum PP DMI itu didampingi oleh Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., Ketua Umum ISYEF, Muhammad Atras Mafazi, M.M., dan Pelaksana Tugas (Plt). Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drg. H. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.Kes., serta Ketua Panitia, Ustadz Drs. H. Nanang Mubarok.

Turut hadir Ketua Umum JPRMI, Sohib Yosse Hayatullah, S Sos. Ia mendampingi Waketum PP DMI  saat membuka acara. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 2.000 remaja dan pemuda pegiat masjid yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka juga aktif sebagai pengurus di PRIMA DMI, ISYEF, BKPRMI, dan JPRMI.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini berlangsung dalam beberapa sesi. Pada sesi pertama, hadir sejumlah narasumber, yakni Ketua PP DMI. Drs. KH. Ahmad Bagdja, yang juga A’wan Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dan Ketua PP DMI, Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes., yang juga Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Narasumber lain dalam Diskusi Panel sesi I ini ialah Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof. H. Komaruddin Hidayat, M.Phil., Ph.D. Sesi I ini mengangkat tema Dari Masjid untuk Indonesia. Dalam acara pembukaan ini, turut hadir Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar, M.A., Ph.D.

Sedangkan Diskusi Panel Sesi II mengangkat tema Peranan Pemuda MAsjid dalam Mendorong Kebangkitan Islam. Diskusi panel sesi II ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, Ketua Umum ISYEF, Muhammad Atras Mafazi, dan Ketua Umum PP JPRMI, Sohib Yosse Hayatullah, serta perwakilan narasumber dari BPRMI.

Dalam kegiatan ini, para peserta juga mendeklarasikan Gerakan Makmurkan Masjid (Gemar Masjid) dengan dipimpin langsung oleh WaketumPP DMI, H. Syafruddin.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani