DMI.OR.ID, TANJUNGBALAI – Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Utara (Sumut), Drs. H. Sotar Nasution, M.H.B., telah mengukuhkan kepengurusan Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Tanjungbalai Periode 2017-2022 pada Rabu (9/8), di pendopo rumah dinas Wali Kota Tanjungbalai, H. Muhammad Syahrial, S.H., M.H.

Seperti dikutip dari laman http://tanjungbalaikota.go.id, PD DMI Kota Tanjungbalai dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) DMI Provinsi Sumut Nomor: 05/PW.DMI-SU/SK/VI/2017 Tentang Pengukuhan PD DMI Kota Tanjungbalai, tertanggal 6 Juni 2017. Adapun Ketua dan Sekretaris Terpilih PD DMI Kota Tanjungbalai ialah Drs. H. Datmi Irwan dan Herry Gunawan, S.Sos.

Sedangkan Bendahara terpilih PD DMI Kota Tanjungbalai ialah H. Zairil Watan, dengan Ketua Majelis Pakar DMI Kota Tanjungbalai, Dr. H. Abdul Syadat Saragih, M.A., dan Ketua Majelis Mustasyar DMI Kota Tanjungbalai, H. Zulkifli Amsar Batubara.

Dalam sambutannya, Ketua PW DMI Provinsi Sumut, Drs. H. Sotar Nasution, berharap agar pengurus PD DMI yang baru dilantik dapat memenuhi dan melaksanakan perintah yang teah diamanatkan kepada DMI. “Khususnya dalam upaya menjaga, memakmurkan, dan dimakmurkan masjid,” tutur Ustaz Sotar pada Rabu (9/8).

“Semoga mereka mampu untuk mengamalkan nilai–nilai akhlakul karimah dalam menjalankan tugas yang akan diemban nantinya” tegasnya.

Sedangkan Wali Kota Tanjungbalai, H. Muhammad Syahrial, S.H., M.H., mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan PD DMI Kota Tanjungbalai. “Semoga pelantikan ini dapat membawa iklim baru ke rah perubahan yang lebih baik lagi, serta pengurus DMI dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” tutur Wali Kota Syahrial.

H. Syahrial pun mengugkapkan program Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai untuk memberikan bantuan kepada masjid dan musholla yang ad di Kota Tanjungbalai. “Kami juga akan membangun Masjid Agung bernama Syeikh Abdul Wahab Rokan di Tanjungbalai,” paparnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Imam Tetap Masjid Istiqlal di Jakarta, Ustaz Drs. H. Hasanuddin Sinaga, M.H., yang juga putra daerah Tanjungbalai, untuk membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an sekaligus memberikan taushiyah kepada para hadirin.

Lalu acara berlanjut dengan pemberian santunan berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan uang kepada 60 anak yatim dari enam kecamatan di Kota Tanjungbalai. Kegiatan ini ditutup dengan acara adat khas budaya Melayu, upah-upah dan tepung tawar, untuk Wali Kota Tanjungbalai berama isteri, Ny. Hj. Sri Silvia Novita, yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji pada Rabu (23/8).

Acara inii turut dihadiri Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail, serta perwakilan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungbalai, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Pemkot, instansi vertikal Tanjungbalai, dan pipinan Badah Usaha Milik Daerah BUMD)/ BUM Negara (BUMN) Kota Tanjungbalai.

Hadir pula Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam Kota Tanjungbalai, Tokoh Pemuda, tokoh masyarakat, dan tokojh agama Kota Tanjungbalai.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani