Image
Sumber: PP DMI

DMI Tetapkan 5 Percontohan MRA di Banten

By  •  3 months ago  •  Masjid Ramah Anak

DMI.OR.ID, KOTA SERANG – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menetapkan lima masjid di Provinsi Banten sebagai program percontohan (pilot projectMasjid Ramah Anak (MRA) pada Kamis (20/6) di Kota Serang, Banten.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. Hj. Maria Ulfah Anshor, M.Si., menyatakan hal itu pada Kamis (20/6), saat memaparkan materi dalam Sosialisasi Masjid Ramah Anak di Kota Serang, Banten.

Kegiatan ini diselenggarakan bagi organisasi perangkat daerah dan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam tingkat provinsi, Banten. Acara ini didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030, dan Semua Anak Anak Kita.

“Keempat masjid yang menjadi program percontohan dalam sosialisasi MRA itu ialah Masjid Raya al-Bantani untuk tingkat Provinsi Banten, Masjid Agung ar-Rahman Pandeglang untuk tingkat kabupaten, Masjid Agung Ats-Tsauroh Serang untuk tingkat Kota, dan Masjid Raya al-A’zhom untuk tingkat kota Tangerang,” paparnya.

Bahkan, lanjutnya, ada Masjid al-Ikhlash di Kota Serang untuk tingkat komunitas. Masjid ini juga menjadi program percontohan MRA. Kelima masjid ini sudah memenuhi tiga persyaratan utama bagi pengurus masjid.

Ketiga syarat itu, ujarnya, yakni memiliki rekening bank atas nama dewan kemakmuran masjid (dkm), memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama DKM, dan memiliki sertifikat masjid atas nama DKM, termasuk akta ikrar waqaf masjid.

“Khususnya untuk mengajukan permohonan bantuan fasilitas MRA kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI,” ungkap Hj. Maria Ulfah pada Kamis (20/6).

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, terdapat sejumlah narasumber dalam acara ini, yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Pemprov. Banten, Dra. Hj. Siti Ma’ani Nina, M.Si., yang telah membuka acara secara resmi.

Pembicara lainnya ialah Asisten Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA RI, Dra. Hj. Elvi Hendrani. Acara ini dihadiri oleh 40 peserta dan panitia yang berasal dari PW DMI Provinsi Banten, Pimpinan Derah (PD) DMI Kota Serang, dan sejumlah pengurus DKM di Kota Serang, Banten.

Program Sejuta Masjid Ramah Anak (SEMARAK) yang telah diluncurkan DMI juga melibatkan sejumlah badan otonom DMI. MIsalnya Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid (BKMM) DMI, Badan Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Islam (BPTKI), Korps Muballigh-Muballighah (KMM) DMI,dan Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Top