DMI.OR.ID, PEKANBARU – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Riau dan Dompet Dhuafa Riau telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pengelolaan Bersama Program Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Musholla/ Masjid pada Selasa (23/8) malam, Pukul 20.00 WIB, di Masjid Raya An-Nur, Pekanbaru, Riau.

Seperti dikutip dari laman http://riauone.com/, MoU ini juga mencakup kerja sama dalam syiar dan dakwah Keislaman di wilayah Riau. serta ditandatangani oleh Ketua PW DMI RIau, Dr. H. Masyhuri Putra, Lc., M.A., dan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, Ali Bastoni.

Penandatanganan MoU dilakukan sesaat sebelum tabligh akbar bertema “Bersatu Meraih Kemerdekaan Hakiki” dengan penceramah Dr. H. Mustafa Umar, Lc., M.A., dan Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Dr. H. Khairunnas Jamal.

“Penandatanganan MoU ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM yang melakukan pengelolaan mushalla dan masjid serta  untuk bersama-sama melakukan sinergi syiar keislaman,” tutur Ali Bastoni dalam sambutannya, Selasa (23/8).

Dalam ceramahnya, Ustaz Mustafa Umar mengingatkan para jama’ah tentang pentingnya mengisi kemerdekaan RI dengan beragam kegiatan positif, termasuk dalam bentuk kajian keagamaan.

“Dalam menyambut kemerdekaan ini, selayaknya kita selaku generasi penerus yang megisi kemerdekaan mengingat pengorbanan para pahlawan dalam sebuah kegiatan yang positif seperti peringatan dalam bentuk kajian keagamaan, tidak sekedar seremonial belaka,” tutur Mustafa.

Ummat Islam, lanjutnya, tidak boleh melupakan besarnya pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Salah satu caranya dengan melakukan kegiatan positif seperi kajian keagamaan.

 Penulis; Muhammad Ibrahim Hamdani