DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jakarta Selatan (Jaksel) bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kota Jaksel, dan Forum Kuliah Subuh (FKS) telah mengumpulkan bantuan dari ummat Islam, khususnya jama’ah masjid, lalu menyalurkannya untuk pengungsi etnik Rohingya, korban kekerasan di Rakhine State, Myanmar.

Seperti dikutip laman http://www.republika.co.id, bantuan itu seluruhnya berjumlah Rp 145.541.700 dan telah diserahkan kepada lembaga Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) – Human Initiative pada Rabu (6/12), untuk disalurkan kepada pengungsi etnik Rohingya. Acara in bertempat di Kantor Pusat PKPU HI, Jalan Raya Condet Nomor 27 G, Batu Ampar, Jakarta Timur.

Dalam prosesi serah terima itu, hadir Ketua Dewan Pimpinan MUI Cabang Kota Jaksel, KH. Nawawi Hakam, Lc., Sekretaris PD DMi Kota Jaksel, Drs. H. Eddy KS, dan Ketua Umum FKS, H. Madani Madali, M.Si. Para pimpinan ormas Islam itu disambut langsung oleh Direktur Kemitraan PKPU HI, Andjar Radite, dan  Manajer Public Relation PKPU HI, Mohamad Sukismo.

“Kami dengar, lembaga ini mempunyai program yang berkelanjutan untuk menyelamatkan saudara muslim kami di sana. Kami berharap dapat membersamai PKPU Human Initiative dalam memberi kebermanfaatan yang lebih luas untuk para pengungsi Rohingya,” tutur KH. Nawawi Hakam pada Rabu (6/12), saat diwawancarai para wartawan.

Bantuan ini, lanjutnya, merupakan program kemanusiaan bagi saudara Muslim Rohingya yang menjadi korban kekerasan di Rakhine State, Myanmar. “Donasi tersebut diperoleh dari hasil ceramah dari masjid ke masjid di wilayah Jaksel,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Direktur Kemitraan PKPU HI menjelaskan program-program yang sedang dan akan dilakukan untuk membantu pengungsi Rohingya yang menjadi korban kekerasan di Rakhine State, Myanmar.

“Untuk membantu mereka, kami tidak hanya menyalurkan bantuan dalam bentuk bahan pokok, makanan, atau obat-obatan, tetapi juga program-program yang sangat dibutuhkan seperti pendirian shelter (tempat tinggal), sumur air bersih, MCK, klinik, dan sekolah,” jelasnya.

PKPU HI, lanjutnya, berupaya agar program-program yang sedang dan akan dijalankan itu dpat menjadi solusi tepat bagi permasalahan yang dihadapi oleh pengungsi Rohingya korban kekerasan di Rakhine State. “Khususnya dalam bidang sanitasi, kesehatan, dan tempat tinggal,” imbuhnya.

“PKPU-HI juga tengah mempersiapkan program khusus menjelang datangnya musim dingin,” ujarnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani