DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II dan Halaqah Khatib Indonesia pada Jumat (14/2) hingga Sabtu (15/2) di Jakarta.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Pimpinan Pusat (MPP) IK DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A., menyatakan hal itu pada Kamis (13/2), dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID.

“Pembukaan Rakernas II Ikatan Khatib (IK) DMI dan Halaqah Khatib Indonesia akan berlangsung di Istana Wakil Presiden (Wapres) RI, Jakarta Pusat, pada Pukul 15:00-16:30 WIB. Acara akan dibuka oleh Wapres RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Makruf Amin,” tutur Dr. Munawar Fuad Noeh.

Keterangan foto tidak tersedia.

Insya Allah, lanjutnya, acara pembukaan ini akan dihadiri oleh 250 undangan dan peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari perwakilan masjid nasional, provinsi dan Kabupaten / Kota, Masjid Kampus, Masjid Pemerintahan, Kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Masjid Korporasi, Masjid Komunitas maupun Masjid Fungsional”, papar Dr. Munawar Fuad yang juga Direktur Program PP DMI.

“Kegiatan Rakernas II IK DMI dan Halaqah Khatib Indonesia ini mengusung tema Transformasi Khatib Wasathiyah dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 untuk Melestarikan Dakwah Rahmatan Lil A’lamin,” jelasnya.

Sesudah acara pembukaan di Istana Wapres RI, ucapnya, maka pada Sabtu (15/2), Pukul 08:30 – 17:00 WIB, acara akan berlanjut dengan Halaqah Khatib Indonesia di Auditorium Hotel Royal Kuningan Jakarta. “Seluruh rangkaian agenda akan ditutup dengan arahan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla,” ucapnya pada Kamis (13/2).

Menurutnya, sejumlah narasumber juga akan hadir dalam acara Halaqah Khatib Indonesia pada Sabtu (15/2). Antara lain Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol.) Purnawirawan (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Ketua Dewan Pembina MPP IK DMI, dan Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si.

Narasumber lainnya dalam acara ini, ucap Dr. Munawar Fuad, ialah Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. H. Masykuri Abdillah, M.A., dan Ketua Umum MPP IK DMI, Dr. KH. Muhammad Hamdan Rasyid, M.A.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk Akademi Khatib Indonesia dan Koperasi Mimbar Indonesia. Kedua badan ini diharapkan dapat memajukan khatib-khatib di Indonesia,” paparnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani