DMI.OR.ID, JAKARTA – Islamic and Middle East Research Centre (IMERC) Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Sekolah Kajian Ilmu Strategik dan Global (SKISG) UI dan Program Studi Tiimur Tengah dan Islam (PSTTI) UI menyelenggarakan Ambassador Lecture Series (Seri Kuliah Duta Besar) pada Kamis (10/11) di Kampus UI, Salemba, Jakarta.

Kegiatan ini didukung oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Pakistan di Jakarta dan menghadirkan Dubes Pakistan untuk Republik Indonesia (RI), H.E. Mr. Muhammad Aqil Nadeem, sebagai pembicara utama. Adapun tema yang diangkat ialah Mempererat Persahabatan Indonesia-Pakistan dengan pembahasan spesifik tentang Kashmir dalam Polemik Hak Asasi Manusia.

Narasumber lainnya ialah Atase Pertahanan Kedubes Pakistan di RI, H.E. Mr. Raja Khurram, dengan seorang moderator dari PSTTI UI, Drs. H. Nur Munir, M.A.J.S., M.T.S.

Dalam seminar yang berlangsung sangat dinamis dan atraktif ini, Dubes Pakistan untuk RI, H.E. Muhamamd Aqil Nadeem, memaparkan tentang jejak historis, hubungan bilateral, dan persahabatan erat antara RI dan Pakistan sejak masa awal kemerdekaan.

Termasuk dukungan Presiden pertama RI, DR. Ir. H. Soekarno, terhadap kemerdekaan Republik Islam Pakistan ketika negara itu resmi merdeka pada 14 Agustus 1947. Apalagi Presiden pertama Pakistan, H.E. Mr. Muhammad Ali Jinnah, juga bersahabat erat dengan Presiden Soekarno.

Selain itu, Dubes Aqil Nadeem juga menjelaskan tentang silang sengketa di wilayah Kashmir antara Pakistan dan India yang hingga kini telah mengakibatkan jatuhnya puluhan ribu korban, bahkan Pakistan mensinyalir adanya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan oleh India terhadap penduduk Muslim Kashmir.

Permasalahan Kashmir memang menjadi topik utama yang dijelaskan secara rinci oleh Dubes Aqil Nadeem kepada para mahasiswa, akademisi, dan dosen yang hadir dalam seminar ini. Termasuk permintaan khusus kepada rakyat dan pemerintah RI untuk turut aktif membantu penyelesaian masalah Kashmir secara damai melalui forum-forum resmi internasional.

Misalnya seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Konferensi Islam (OKI). Apalagi Indoensia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. dengan ebih dari 185 juta penduduk beragama Islam.

Kuliah Umum oleh Duta Besar Pakistan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris PSTTI UI, Dr. KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., dan dihadiri oleh Direktur IMERC UI, Dr. H. Hendra Kurniawan, Lc., M.Si.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani