DMI.OR.ID, JAKARTA – Innalillahi wa innalillahi Rooji’un, segenap pengurus Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Ir. H. Achmad Noe’man, Sang Arsitek 1.000 Masjid.

Almarhum wafat pada Senin (4/3) sore, Pukul 15.45 WIB, di Rumah Sakit Borromeus, Bandung, dalam usia 91 tahun. Jenazah almarhum akan dikebumikan di taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, pada hari ini, Selasa (5/4).

Sepanjang hidupnya, Ir. H. Achmad Noe’man dikenal sebagai arsitek Masjid Salman di Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga Masjid Muhammad Soeharto di Sarajevo, Bosnia, dan Masjid Syeikh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan. Rancangan arsitekturnya dianggap sebagai karya monumental bangsa Indonesia yang cukup mengguncang dunia saat itu.

Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah almarhum, mengampuni seluruh kekhilafannya, dan memberikan tempat terbaik di alam barzakh. Amiin Yaa Robbal A’lamin.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارْ“

“Ya Allah, Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.

Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka”.

Penulis: muhammad Ibrahim Hamdani