DMI.OR.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, telah memberikan perintah (instruksi) langsung untuk memperbaiki akustik di 10 masjid jami’ atau masjid besar dalam sejak 2014 hingga saat ini dalam program excelent PP DMI.

Staf Teknisi Akustik Masjid PP DMI, Drs. H. Aziz Muslim, menyatakan hal itu pada Jum’at (21/8) sore, saat diwawancarai oleh DMI.OR.ID di Kantor Sekretariat PP DMI, Jakarta.

“”Kami memiliki penataan akustik masjid dengan jalur excelent atau jalur khusus untuk masjid jami’ dan masjid raya di kabupaten dan provinsi atas instruksi langsung Ketua Umum PP DMI, Pak Jusuf Kalla. Hingga saat ini, sudah ada 10 masjid yang akustiknya kami benahi,” tutur Aziz pada Jum’at (21/8) sore.

10 masjid itu, lanjutnya, yakni Masjid Amaliah di Ciawi, Bogor, Masjid Al-Azhar di Pondok Kopi, Jakarta, Masjid Al-Barkah di Jeruk Purut, Jakarta, Masjid Raya Al-Akbar di Surabaya, Jawa Timur, Masjid Raya Darussalam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Masjid Raya As-Sa’adah, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Masjid Raya Al-Falah, Ambon, Maluku.

Masjid-masjid lainnya, lanjut Aziz, ialah Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Masjid Agung Lamomgan, Jawa Timur, dan Masjid El Syifa di Jakarta Selatan, Jakarta.

Sebelumnya, sebanyak 11.521 masjid telah diperbaiki sound system (akustik)-nya oleh Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) hingga akhir Juli 2015 ini. Masjid-masjid itu tersebar di Pulau Jawa, Bali dan satu masjid di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Tepatnya di Provinsi Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Bali dan Kepri.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani