DMINEWS, JAKARTA — Perkembangan perekonomian syariah di Indonesia terus menunjukkan tren positif, bahkan mampu menarik minat investor Timur Tengah, termasuk Uni Emirat Arab, untuk menanamkan modalnya.

Delegasi Ekonomi Islam Dubai telah menjajaki kerja sama di bidang ekonomi syariah dengan berbagai pihak di Indonesia, baik dari pemerintah maupun sektor swasta.

Seperti dilansir laman www.antaranews.com, Konsul Muda Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Dubai, Tri Aryadi, menyatakan kunjungan delegasi Dubai ke Indonesia merupakan hasil kerja sama antara KJRI Dubai dengan Pemerintah Kota Dubai.

“Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral antara RI dan Uni Emirat Arab (UEA) di bdang ekonomi, khususnya pariwisata syariah,” tutur Tri pada Jumat (7/2).

Kunjungan ini, lanjutnya, merupakan bagian dari strategi Dubai dalam mewujudkan visi sebagai Ibukota Ekonomi Islam Dunia yang berdamingan dengan sistem ekonomi konvensional.

“Visi Dubai itu telah dirancang sejak 2013 lalu dan terdiri dari tujuh pilar, yakni Keuangan Syariah, Industri Halal yang meliputi makanan, kosmetik dan farmasi, Pariwisata Halal, Infrastruktur Digital Islami, Pusat Seni Islam, Pusat Pengetahuan Islam, serta Standarisasi dan Sertifikasi Halal,” paparnya.

Untuk mewujudkan visi itu paparnya, Pemerintah Dubai pun berusaha membuka peluang kerja sama dengan beberapa negara, termasuk Indonesia, guna mencari sumber produk halal dan pasar bagi produk halal Dubai.

Program kunjungan delegasi Dubai itu hanya berlangsung dua hari, sejak Ahad (2/2) hingga Senin (3/2) lalu. Mereka telah melangsungkan pertemuan dengan beberapa pejabat pemerintah di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Perdagangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Ahad (2/2).

Sedangkan pada Senin (3/2), Delegasi Dubai itu mengikuti seminar yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Dubai, melalui Dubai Export Development Corporation, dengan KPMG Indonesia.

Dalam seminar itu, Delegasi Dubai bertemu dengan sekitar 100 pengusaha Indonesia dan menyampaikan informasi mengenai peluang kerja sama yang ditawarkan Dubai kepada pengusaha Indonesia di bidang Ekonomi Syariah.

Penulis: Muhammad Ibrahiim Hamdani