DMINEWS, JAKARTA – Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) harus berlangsung secara profesional serta tidak amatiran, termasuk acara PP DMI yang akan berlangsung pada Senin (25/5), di Istana Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Drs. H. Rudiantara, MBA, menyatakan hal itu dalam rapat gabungan dua kepanitiaan DMI pada Kamis (14/5), di Sekretariat PP DMI, Jakarta.

Acara ini merupakan gabungan dua kegiatan PP DMI sekaligus, yakni pembukaan Lokakarya Wakaf dan Pengelolaan Aset-Aset Masjid serta apresiasi dan pemberian Award (penghargaan) kepada pemenang Sayembara Desain Arsitektur Masjid (SDAM) Nurul Amal, Muara Gembong, Bekasi.

“Meskipun dalam kegiatan ini terdiri dari dua kepantiaan di DMI, namun dalam acara nanti harus menjadi satu, sama-sama kegiatan di PP DMI dan tidak saling terpisah. Acara juga harus berlangsung secara profesional, apalagi Wapres yang akan membukanya,” tutur Rudiantara pada Kamis (14/5).

Menurutnya, acara pada Senin (25/5) nanti meliputi pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan acara dan laporan kegiatan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, dan pemberian award kepada pemenang SDAM oleh Wapres RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PP DMI.

Dalam pembukaan ini, dijadwalkan Wapres RI akan membuka acara secara resmi sekaligus memberikan kata sambutan. Wapres juga dijadwalkan meluncurkan dan meresmikan website DMI, www.dmi.or.id, yang telah didesain ulang dan diperbarui aplikasinya oleh PT. Telkom Indonesia.

Wapres juga akan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PP DMI dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Seluruh peserta rapat pun menyetujui Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, KH. Masdar Farid Mas’udi, untuk menandatangani MoU dan PKS antara PP DMI, Kemenag dan Kementerian ATR dengan disaksikan Wapres Kalla.

Ketua Umum PP DMI ini dijadwalkan akan menerima buku panduan arsitektur masjid yang merupakan kompilasi dari proses dan hasil SDAM. Wapres juga akan memberikan apresiasi kepada penyedia fasilitas ibadah terbaik utuk kategori pusat perbelanjaan (mall/ pasar).

Dalam rapat gabungan ini, Ketua Panita SDAM Nurul A’mal, Hery Sucipto, Lc, MM, menyatakan kegiatan SDAM ini melibatkan empat pihak, yakni Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), PT. Telkom Indonesia dan Indonesia Syiar Network (ISN).

“PT. Telkom Indonesia berperan penting dalam memperbarui rencangan desain website DMI NEWS, www.dmi.or.id serta menyedikan aplikasi online untuk SDAM Nurul Amal dengan laman www.sayembaramasjid.ucontest.info,” papar Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI itu.

Sedangkan IAI, lanjutnya, berperan penting dan bertanggungjawab penuh terhadap proses, tahapan penjurian dan hasil dari SDAM Nurul A’mal, Muara Gembong, Bekasi. IAI juga akan memamerkan 145 karya peserta yang lolos seleksi dewan juri pada bulan Ramadhan nanti di sekretariat kantor IAI, Jakarta.

“Adapun ISN berperan penting dalam menyediakan sarana dan pra-sarana selama kegiatan SDAM Nurul A’mal berlangsung, sejak awal hingga akhir, termasuk membuat desain, gambar, logo, foto dan branding (syiar) acara ini,” ungkapnya.

Dalam rapat ini, Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan PP DMI, Drs. H. Andy Mappaganty, dipercaya menjadi project director untuk kegiatan pembukaan acara di Istana Wapres RI. Beliau diminta langsung oleh Sekjen PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, MA, dan disetujui oleh peserta rapat.

Menkominfo pun mengusulkan kepada peserta rapat adanya sesi khusus bagi Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ir. H. Munichy B. Edrees, M.Arch., yang juga Ketua Dewan Juri SDAM Nurul Amal, untuk memberikan laporan kepada Wapres Kalla dan seluruh peserta yang hadir.

Pasalnya, IAI merupakan organisasi profesi di tingkat nasional yang diakui legalitasnya oleh pemerintah. Usulan ini pun disetujui seluruh peserta rapat. Dalam rapat ini, hadir Ketua Departemen Pengembangan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) PP DMI, Ir. H. Iskandar Sulaiman, MM.

Hadir pula anggota Departemen PE dan Iptek PP DMI, Ir. H. Sugijono, SE, Sekretaris Departemen Sosial dan Kemanusiaan PP DMI, Drs. H. Eryzal Rivai, Apt, Anggota Departemen Kominfo PP DMI, Muman Diaz Maulany, dan Staf Teknis Akustik Masjid PP DMI, Drs. H. Aziz Muslim.

Peserta rapat lainnya ialah Bendahara IV PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, Kepala Sekretariat PP DMI, H. Saoman Ramadhan, Staf Sekretariat PP DMI, Rosemini, S.Pd.I, Redaktur DMI NEWS, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P, dan Redaktur Bahasa Inggris DMI NEWS, Drs. H. Syamsul Mu’arif.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani