DMINEWS, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo), Drs. H. Rudiantara, MBA, mengkoordinasikan rapat gabungan dua kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Dalam rapat ini, Menkominfo juga berperan dan bertindak selaku Ketua Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri (Hubla) PP DMI.

Kegiatan pertama ialah Sayembara Desain Arsitektur Masjid (SDAM) Nurul Amal, Muara Gembon, Bekasi, yang kepanitiaannya dipimpin oleh Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri PP DMI, Hery Sucipto, Lc, MM.

Adapun kegiatan kedua ialah Lokakarya Wakaf dan Pengelolaan Aset-Aset Masjid yang kepanitiaannya dipimpin oleh Ketua Departemen Sarana, Hukum dan Wakaf (SHW) PP DMI, Dr. H. Nadjamuddin Ramly, MA.

Rapat gabungan ini terlaksana pada Kamis (14/5) siang di Kantor Sekretariat PP DMI, Jakarta, dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, MA.

Dalam rapat gabungan ini, rapat PP DMI membahas sinkronisasi dan koordinasi dua acara yang pembukaannya akan berlangsung dalam waktu dan tempat yang sama pada Senin (25/5) siang, di Istana Wakil Presiden (Wapres) RI, Jakarta.

Dalam pembukaan ini, dijadwalkan Wapres RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, akan membuka acara dan memberikan kata sambutan. Wapres Kalla juga akan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara DMI dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Ketua Umum PP DMI ini pun dijadwalkan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pemenang SDAM Nurul A’mal, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, sekaligus menerima buku panduan arsitektur masjid yang merupakan kompilasi dari proses dan hasil SDAM.

Wapres Kalla juga dijadwalkan untuk meluncurkan dan meresmikan website DMI, www.dmi.or.id, yang sudah diperbarui dan direvisi hasil kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.

Dalam rapat ini, Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan PP DMI, Drs. H. Andy Mappaganty, dipercaya menjadi project director untuk kegiatan pembukaan acara di Istana Wapres RI. Beliau diminta langsung oleh Sekjen PP DMI dan disetujui oleh peserta rapat.

Menkominfo pun mengusulkan kepada peserta rapat adanya sesi khusus bagi Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ir. H. Munichy B. Edrees, M.Arch., yang juga Ketua Dewan Juri SDAM Nurul Amal, Muara Gembong, Bekasi.

Pasalnya, IAI merupakan organisasi profesi di tingkat nasional yang diakui legalitasnya oleh pemerintah, sehingga perlu melaporkan kepada Wapres Kalla dan publik terkait kegiatan SDAM ini. Usulan ini pun disetujui seluruh peserta rapat.