DMI, 18/10/2013

Bertempat di Sekretariat PP DMI, Jl Borobudur No. 22 Menteng Jakpus, Dept. Pemberdayaan Ekonomi Umat dan IPTEK bekerjasama dengan PT Gas Negara menyelenggarakan Pelatihan Ekonomi Umat berbasis masjid. Kegiatn ini berlansung selama tiga Hari.

Hari pertama pelatihan, M. Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia berkesempatan memberikan kata sambutan dan pembukaan. JK, biasa orang menyebut, mengatakan bahwa masjid harus memiliki banyak fungsi. Masjid tidak hanya digunakan untuk melakukan ibadah, tetapi masjid juga harus memiliki fungsi yang luas. “Selain tempat untuk mendekatkan diri kepada Sang Khalik, masjid harus berfungsi sebagai hablumminannas,”kata JK. Banyak yang bisa dilakukan didalam masjid, tambah JK. Diantaranya kita bisa melakukan pemberdayaan ekonomi umat. masjid bisa dijadikan sentral untuk melakukan pembinaan ekonomi umat. Kita tidak boleh keluar dari konsep kita, imbuhnya. Konsep kita adalah “Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan Masjid”. Oleh karenya kita mengawalinya dengan kegiatan bagaimana caranya kita memakmurkan masjidnya terlebih dahulu. Setelah itu baru kita memakmurkan jamaahnya. Dengan kegiatan seperti ini masjid sudah memposisikan diri untuk mensejahterakan jamaahnya.

Kegiatan pelatihan yang direncanakan berlangsung selama tiga hari ini didanai oleh Pt PGN, yang diambilakan dari dana CSR nya. Kegiatan ini rencananya akan diadakan secara terus menerus. “tentunya, kita akan menghadirkan masjid yang berbeda dari masjid masjid sebelumnya yang mengikuti pelatihan ini,”jelas H. Sugijono, Ketua Pelaksana Pelatihan