DMI.OR.ID, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerjasama dengan PT. Telkom, Tbk, telah dan akan memasang fasilitas wifi di 4.000 masjid di Kota Bandung, Jawa Barat. Pemkot Bandung juga meminta pengelola lokasi wifi untuk mengantisipasi jangan sampai ada warga Kota Bandung yang menyalahgunakan penggunaan wifi untuk hal-hal negatif.

Wali Kota Bandung, H. Mochammad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., menyatakan hal itu pada Selasa (20/9) sore, seperti dikuti dari laman http://www.republika.co.id/.

“Sebagian program kami, ada juga program Telkom. Total masjid yang dipasang wifi ada 4.000 masjid. Nanti akan dilihat ya (penyalahgunaan internet itu), jangan sampai untuk hal-hal negatif,” tutur Ridwan Kamil pada Selasa (20/9).

Menurutnya, teknologi memang dapat digunakan oleh dan untuk siapa saja. Jika ditemukan akses negatif seperti pornografi dari wifi masjid, ia harus mengeceknya terlebih dahulu. “Kalau pun ada, si penggunanya yang menggunakan wifi secara negatif, jangan disalahkan wifi-nya,” jelas wali kota yang akrab disapa Kang Emil ini.

Sebelumnya, Manager Operasional Komunikasi Wilayah Jawa Barat (Jabar) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Asep tatang, menyatakan PT. Telkom, Tbk telah memasang wifi di beberapa masjid di bandung seperti Masjid Besar Ujung Berung dan Masjid Darul Arkom di Gunung Batu.

“Pemasangan wifi di masjid-masjid yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya ini bertujuan memudahkan syiar Islam. Jadi, bagaimana syiar Islam dapat memanfaatkan internet. PT. Telkom juga memasang wifi di semua fasilitas umum,” ungkapnya.

 

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani