DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum., mengajak para pengurus dan Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jambi untuk bekerja seoptimal mungkin demi kemaslahatan ummat. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas tenaga teknis bagi pengurus masjid di Provinsi Jambi.

Wagub Jambi menyatakan hal itu pada Selasa (21/2) pagi, saat memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Pengelolaan Manajemen Masjid dan Penataan Kualitas Akustik (Sound System) Se-Kota Jambi di Masjid Agung Al-Falah, Kota Jambi, Jambi.

Kegiatan ini mengambil  tema: Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid dalam Rangka Mewujudkan Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera (TUNTAS) 2021. Adapun penceramah dalam acara ini ialah Ustaz Drs. H. Ahmad Yani yang juga Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) DMI.

“Masjid merupakan salah satu unsur penting dalam struktur masyarakat Islam. Selain digunakan untuk beribadah, masjid juga digunakan untuk tempat orang menikah dan bermusyawarah,” tutur Wagub Jambi, H. Fachrori Umar, pada Selasa (21/2), seperti dikutip dari laman http://infopublik.id/.

Wagub Fachrori Umar juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran PW DMI Jambi, Bank Indonesia, dan PT. TOA Galva Prima, Tbk yang telah melaksanakan sosialisasi tersebut.

“Harapan saya, kegiatan ini dapat berkelanjutan untuk mengoptimalkan fungsi masjid di Jambi, tentunya dengan manajemen pengelolaan yang berjalan baik, serta penataan terhadap perlengkapan, sarana, dan prasarana masjid secara baik,” paparnya.

Bagi masyarakat Jambi, Wagub Fachrori pun berpesan untuk memakmurkan masjid. “Setidaknya, minimal satu kali seumur hidup, masyarakat Jambi datang untuk masuk dan sholat di Masjid Agung Al-Falah ini,” imbuhnya.

Wagub Jambi pun mengimbau agar pengurus PW DMI Jambi sering meninjau dan melihat seluruh masjid yang ada di provinsi Jambi.

Kegiatan ini dapat terselenggara atas dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi dan Bank Indonesia serta dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr. H. Fachrori Umar, M.Hum.

Acara ini dihadiri oleh 400 pengurus masjid se-Kota Jambi, termasuk oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, Drs. H. Muhammad Thahir, M.H.I., dan Ketua PW DMI Provinsi Jambi, Ir. H. Haviz Husaini, M.M., serta perwakilan dari PT. TOA Galva Prima, tbk, dan Bank Indonesia. Ketiganya juga memberikan kata sambutan secara bergiliran.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani