DMI.OR.ID, DENPASAR – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indoesia (DMI) Provinsi Bali telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) IV pada Ahad (1/10) di Denpasar, Bali, dengan mengangkat tema Optimalisasi dan Eksistensi Masjid.

Ketua PW DMI Provinsi Bali, H. Bambang Santoso, S.Pd., menyatakan hal itu dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Ahad (1/10), melalui media komunikasi Whats App.

Alhamdulilahi Rabbil A’lamiin, DMI Provinsi Bali telah menyelenggarakan Rakorwil IV pada Ahad (1/10) dengan tema Optimalisasi dan Eksistensi Masjid. Rakorwil ini juga membahas partisipasi aktif DMI dalam tanggap darurat bencana gempa bumi dan potensi erupsi di Gunung Agung, Kabupaten Karangasem” tutur Ustaz Bambang pada Ahad (1/10).

Upaya tanggap darurat itu, lanjutnya, merupakan bagian penting dari upaya optimalisasi peran dan fungsi masjid serta memperkuat eksistensinya di Bali. “Bersama elemen umat Islam lainnya, DMI Bali bertekad untuk terus merajut asa, merangkai asih dan asuh kepada para korban terdampak bencana gempa bumi di Gunung Agung,” ungkapnya.

Foto Muhammad Ibrahim Hamdani.

Menurutnya, hal ini penting dalam rangka membingkai dan menguatkan kebangsaan kita, khususnya bagi masyarakat Bali. DMI Bali bersama Crisis Centre MUI Bali pun telah menyelenggarakan Posko Bersama Tanggap Darurat Bencana Gunung Agung.

“Kegiatan ini mengangkat tema Peduli Pengungsi Gunung Agung serta telah membuka rekening donasi di Bank BNI Syariahatas nama: DMI Provinsi Bali dengan nomor: 0295069743,” jelasnya dalam rilis yang diterima DMI.OR.ID, Selasa (2/10).

Rakorwil IV DMI Bali ini, paparnya, juga bertujuan untuk konsolidasi internal PW DMI Bali bersama-sama sembilan pengurus Pimpinan Daerah (PD) DMI se-Bali. “Khususnya untuk mempersiapkan partisipasi DMI Bali dalam Muktamar VII DMI di Jakarta nanti,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, ucapnya, turut hadir Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bali, I Nyoman Lastra, S.Pd., M.Ag., dan Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Kemasyarakatan (Bimas) Islam Kanwil Kemenag Bali,  Drs. H. Nurkhamid, M.Ed. Hadir juga perwakilan pengurus dari Masjid-masjid Agung se-Bali.

Muktamar VII DMI akan diselenggarakan pada Jumat (10/11) hingga Ahad (12/11) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Muktamar ini akan mengangkat tema: Mantapkan Akselerasi, Memakmurkan & Dimakmurkan Masjid.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani