DMI.OR.ID, MEULABOH – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), langsung menggelontorkan bantuan senilai Rp 100 miliar untuk pembangunan jaringan irigasi Lhok Guci di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, yang mampu mengalirkan air dari waduk ke sawah-sawah.

“Tadi saya telepon Pak Menteri Pekerjaan Umum, Kerja itu jangan setengah-setengah, kalau sudah membuat waduk ya irigasinya ke sawah-sawa harus di selesaikan,” ujar Presiden Jokowi pada Kamis (16/7), usai menunaikan sholat dzuhur di Masjid Babussalam, Kecamatan Meulaboh, Aceh Barat.

Menurutnya, sarana irigasi sangat diperlukan dalam rangka pelaksanaan swasembada dan ketahanan pangan di negara ini.

“Saya telah memerintahkan menteri pertanian dan menteri terkait lainnya untuk mengalokasikan dana guna penyelesaian pembangunan irigasi di wilayah ini,” ungkap Presiden Jokowi.

Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Presiden Jokowi juga memerintahkan Aceh Barat diberi prioritas pembangunan jaringan irigasi. Perintah itu pun langsung disangggupi oleh Menteri PUPR.

“Ini akan langsung dialirkan, bukan Rp 10 miliar tapi Rp 100 miliar untuk irigasi Aceh Barat. Semoga ini dapat mendorong produksi beras di Aceh Barat,” papar Presiden Jokowi menirukan pembicaraan telponnya dengan Menteri PUPR.

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta ibu negara, Hj. Iriana Joko Widodo,dan para menteri telah mendarat di Bandara Cut Nyak Dhien di kawasan Kubang Gajah, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, pada Kamis (16/7) pagi, sekitar Pukul 10.15 WIB.

Saat tiba di Bandara Cut Nyak Din, Jokowi disambut oleh Bupati Nagan Raya, Drs. H. Tengku Zulkarnaini, Komandan Resort Militer (Danrem) 012 Teuku Umar, Kolonel Arh Ruruh A. Setya Wibawa, S.E.,M.M, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya, Hj Kelimah, S.Sos serta unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Mupida) Nagan Raya.

Lalu, Presiden Jokowi bergerak menuju Gampong Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, untuk di membagi-bagikan 1000 paket sembako kepada masyarakat dengan cara pembagian kupon.

Selain membagikan sembako secara langsung kepada masyarakat, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau perumahan nelayan yang ada di lokasi sekitar, sebagai perumahan bantuan pasca tsunami yang berbentuk unik karena dibangun di atas air atau terapung.

Kemudian, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung menuju Masjid Istiqomah di Gampong Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, dengan agenda yang sama, yakni memberikan 1000 paket sembako. Masyarakat yang telah berkumpul di halaman masjid pun tampak antusias menerima bantuan sembako itu.

Presiden Jokowi beserta rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke Masjid Nurul Huda di Desa Padang Robe, Kecamatan Kuala Pasir, Kabupaten Nagan Raya, untuk bertemu masyarakat sekaligus memberikan bantuan berupa Sembako.

 

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Dari Berbagai Sumber seperti: metrotvnews.com, acehbaratkab.go.id, dan kompas.com