DMI.OR.ID, JAKARTA – Semangat hijrah Rasulullah Muhammad Shallallahu A’laihi Wa Sallam (SAW) menjadi tema pokok dalam paparan materi Ketua Pimpinan WIlayah (PW) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Ahmad Farhan, pada Ahad (15/9) pagi di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta.

Tepatnya saat memberikan kata sambutan dalam Pelantikan Pengurus PW PRIMA DMI Provinsi DKI Jakarta pada Ahad (15/9) pagi. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Kopi Darat (Kopdar) Remaja Masjid, Organisasi Pemuda Islam, dan Komunitas Dakwah Se-DKI Jakarta. Dalam Kopdar ini, Ahmad Farhan pun menjadi moderator.

Dalam keiatan ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI. Beliau juga mengukuhkan kepengurusan PW PRIMA DMI Provinsi DKi Jakarta MAsa Bakti 2019-2022.

“Terdapat tiga peristiwa penting dalam momentum hijrah-nya Nabi Muhammad SAW yang patut dipelajari oleh remaja masjid dan para pemuda-pemudi Islam di Indonesia,” tutur Farhan pada Ahad (15/9) siang, saat diwawancarai DMI.OR.ID di Masjid Raya JIC.

Peristiwa penting pertama, lanjutnya, ialah hijrahnya Rasulullah Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah atas perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT), semata-mata untuk membela dan mempertahankan agama Islam.

“Peristiwa penting kedua ialah upaya Rasulullah SAW untuk mempersaudarakan antar sesama Muslim, baik kaum Muhajirin yang berhijrah dari Makkah al-Mukarramah menuju Madinah al-Munawwarah maupun kaum Anshar yang merupakan Muslim penduduk asli kota Yatsrib (nama kota sebelum Madinah),” paparnya.

Persaudaran antar sesama Muslim ini (ukhuwwah Islamiyyah), lanjutnya, sekaligus menghilangkan egoisme kesukuan dan etnis (ashabiyyah) secara berlebihan. “Seperti suku Quraish dari Makkah serta Suku Aus dan Khazraj dari Madinah,” imbuhnya.

“Peristiwa penting ketiga ialah kebijakan Nabi Muhammad SAW untuk mendirikan Masjid Quba setibanya beliau di Kota Madinah, pasca hijrah dari kota Makkah. Sesudah Masjid Quba berdiri, Rasulullah SAW dan para sahabat pun mendirikan Pasar Souq al-Manakhah untuk menjalankan aktivitas perdagangan yang sesuai dengan syari’at Islam,” jelas Farhan.

Farhan juga mengajak para remaja masjid serta pemuda dan pemudi Islam untuk meneladani perilaku hidup Nabi MUhammad SAW. Khususnya terkait tiga peristiwa penting dalam rangkaian hijrah dari Makkah ke Madinah.

Menurutnya, terdapat lima narasumber dalam acara Kopdar Remaja Masjid, Organisasi Pemuda Islam, dan Komunitas Dakwah Se-DKI Jakarta. “Antara lain Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, drg. Arief Rosyid Hasan, M.K.M., “jelas Farhan pada Ahad (15/9) sore.

Tiga narasumber lainnya, lanjut Farhan, ialah Ketua Umum Pengurus Pusat Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI), Sohib Yosse HIdayatullah, S.Sos., Ketua Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), Muhammad Atras Mafazi, M.M., dan seorang perwakilan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Sewaktu diwawancarai DMI.OR.ID pada Ahad (15/9) siang di Masjid Raya JIC, Wakil Ketua Umum PP PRIMA DMI, Sofian, S.H., M.H., menyatakan bahwa acara ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari berbagai organisasi remaja masjid dan organisasi kepemudaan Islam serta komunitas dakwah se-DKI Jakarta.

“Acara ini juga didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serta Badan Manajemen Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (JIC). Jumlah pengurus PW PRIMA DMI DKI Jakarta yang telah dikukuhkan berjumlah 36 orang dengan Ketua Ahmad Farhan dan Sekretaris Ahmad Syauqi Asyraf,” jelasnya.

Adapun perwakilan Gubernur DKI Jakarta, lanjutnya, ialah Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Pemprov DKI Jakarta, H. Mukhlis, S.Ag. “Beliau juga turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara ini,” imbuhnya.

“Turut memberikan kata sambutan Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi. Beliau juga membuka kegiatan ini secara resmi. Sedangkan Bapak Syafruddin selaku Waketum PP DMI telah melantik jajaran PW PRIMA DMI DKI Jakarta Masa Bakti 2019-2022,” ungkapnya.

Sofian pun mengaku mendapat tugas untuk membacakan Surat Keputusan (SK) PP PRIMA DMI Tentang Pembentukan Kepengurusan PW PRIMA DMI DKI Jakarta Masa Bakti 2019-2022.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani