DMI.OR.ID., SERANG – Masjid yang ramah bagi penyandang disabilitas serta aman dan nyaman bagi anak-anak usia dini menjadi perhatian utama dan fokus program Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam kepengurusan periode ini.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) PRIMA DMI, Muhammad Hanif Alusi, S.Hum., M.Si., menyatakan hal itu pada Ahad (12/3) pagi di Masjid Raya Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Banten.

Tepatnya dalam acara bertajuk “Silaturahmi Akbar Remaja Islam Masjid, Gerakan Shalat Dhuha, Pelantikan, dan Rapat Kerja PRIMA DMI Provinsi Banten“. Kegiatan silaturrahim akbar ini juga didukung oleh Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Banten dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Saat ini, banyak masjid yang kurang ramah terhadap para penyandang disabilitas. Misalnya tangga masjid yang tinggi, dua lantai atau lebih, dan tidak menyediakan lift untuk mereka. Akibatnya, para penyandang disabilitas sulit untuk beribadah di masjid,” tutur Ustaz Hanif.

Seharusnya, lanjut Hanif, masjid-masjid di Indonesia bisa lebih ramah terhadap penyandang disabilitas agar mereka bisa sama-sama beribadah di Masjid.

PRIMA DMI telah menyalurkan dana kepada sejumlah musholla, surau, dan masjid untuk program Masjid ramah disablitas ini. “Dananya berasal dari sebagian keuntungan penjualan tiket film Bait Surau” yang telah tayang 22 Oktober 2016 lalu,” paparnya.

“PRIMA DMI juga sedang menggalakkan program masjid ramah anak. Anak-anak harus merasa nyaman dan aman untuk beribadah di masjid dan bermain di halaman masjid. Saat ini, banyak pengurus masjid yang kurang ramah terhadap anak-anak. Mereka tidak diizinkan bermain di masjid,” ungkap Hanif.

Menuruntya, DMI juga memiliki program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Masjid yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Islam (BPTKI), salah satu badan otonom (banom) DMI.

“Kegiatan ini diselenggarakan BPTKI bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, ustaz Hanif melantik secara resmi susunan pengurus PW PRIMA DMI Banten, lalu memberikan kata sambutan di depan ratusan remaja masjid yang hadir dalam kegiatan ini.

Sedangkan Ketua Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi PP PRIMA DMI, Khairul Ardian Syaekh, S.H.I., M.Si., membacakan Surat Keputusan (SK) PP PRIMA DMI Tentang Pengukuhan Pengurus PW PRIMA DMI Banten Masa Bakti 2017-2019.

Adapun tema acara ini ialah “Remaja Masjid Sebagai Kekuatan dan Potensi Kemajuan Ummat“. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris PW DMI Provinsi Banten, Drs. KH. Deni Rusli, M.Si., yang juga memberikan kata sambutan.

Kemudian acara berlanjut dengan pembacaan sholawat (mahallul qiyam) kepada Rasulullah SAW dan dzikir berjamaah kepada Alah SWT. Lalu dibacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan terjemahannya (sari tilawah) oleh qari dan qari’ah yang telah disiapkan

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini dihadiri oleh ratusan remaja jama’ah masjid dengan sangat antusias. Turut hadir dan memberikan kata sambutan Sekretaris Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang, Dr. KH. Amas Tadjuddin, M.Si. 

Hadir pula Ketua Dewan Pimpinan MUI Provinsi Banten, Dr. KH. Wawan Wahyudin, M.Pd., yang juga memberikan mauidzhoh hasanah (taushiyah) sekaligus memimpin sholat Dhuha Berjama’ah.

Adapun Ketua Umum PW PRIMA DMI Banten Masa Bakti 2017-2019 ialah Efi Afifi, M.A., dengan Sekretaris Badru Salam.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani