DMI.OR.ID, MAKASSAR – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indoneia (DMI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menyelengarakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I di Golden Hotel, Makassar, Sulsel, pada Sabtu (6/5). Rakerwil I ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Drs. H. Abdul Wahd Thahir, M.Ag.

Seperti dikutip dari laman https://sulsel.kemenag.go.id, H. Abdul Wahid Thahir berharap agar masjid dapat memenuhi kebutuhan dzahir dan bathin para jamaah, seperti pasar yang selalu berbondong-bondong didatangi warga tanpa perlu diundang, dipanggil, maupun dimobilisasi.

“Harapan saya, semoga pengurus DMI Sulsel bisa menjadikan masjid eperti asar dimana jamaah atau ummat kita berbondong-bondong mendatangi masjid tanpa harus diundang, dipanggil, dan dimobilisai. Penyebabnya, ummat sudah beranggapan bahwa hanya di masjid-masjidlah segala kebutuhan lahir dan batin bisa diperoleh,” tutur Ustaz Abdul Wahid pada Sabtu (6/5).

Menurutnya, masjid membutuhkan manajemen pengelolaan dan sinergitas dengan seluruh elemen ummat guna mengoptimalkan peran dan fungsi masjid. Masjid harus menjadi tolak ukur keberagamaan di masyarakat. “Jadikan masjid sebagai simbol ukhuwah, tempat dimana bahasa tauhid digelorakan serta nilai kerukunan dan pluralitas ditanamkan dan dihormati,” harapnya.

“Itu sebabnya saya selaku Kakanwil Kemenag Sulsel juga menghadirkan seluruh Kemenag kabupaten/ kota se-Sulsel agar ada ketersambungan program antara DMI dengan Kemenag di seluruh wilayah,” papar Abdul Wahid yang juga Ketua Harian PW DMI Sulsel.

Ustaz Abdul Wahid pun mengajak seluruh peserta dan pengurus PW DMi Sulsel untuk bersama-sama menjadikan Rakerwil I ini sebagai ajang konsolidas emosional dan organisssi serta program kerja bagi pengurus DMI Se-Sulsel.

“Hal ini sangat penting dalam rangka melahirkan formula terbaik dalam hal pengelolaan masjid, baik secara kualitas maupun kuantitas,” ucapnya.

Rakerwil I PW DMI Sulsel di tahun 2017 ini turut dihadiri oleh Ketua PW DMI Sulsel, Mayor Jenderal (Mayjen) Purn. H. Muhammad Amin Syam, dan Pimpinan Kantor Perwakilan PT. TOA Galva Prima, Tbk Kota Makassar, Laga Wicaksono. Hadir juga pengurus PW dan Pimpinan Daerah (PD) DMI Se-Sulsel, serta Kakan Kemenag Kabupaten/ Kota Se-Sulsel.

Turut hadir sejumlah pemateri dari komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin dan dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel, serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel

PW DMI Provinsi Sulsel juga menandatangani MoU/ Nota Kesepahaman dengan PT TOA Galva Prima, Tbk Kota Makassar perihal pemberian pelatihan khusus kepada teknisi masjid mengenai pengetahuan dan keterampilan tentang perbaikan sound system (akustik) masjid-masjid di Sulsel.

MoU ini ditandatangani oleh Ketua PW DMI Sulsel, H. Amin Syam, dan Pimpinan Kantor Perwakian PT. TOA Galva Prima, Tbk di Kota Makassar, Laga Wicaksono pada Sabtu (6//5) di Golden Hotel, Makassar, Sulsel.

Rakerwil DMI I Sulsel ini juga membahas sejumlah agenda yang terbagi dalam tiga komisi, yakni Komisi Idarah (Manajemen Masjid yang Baik), Komisi Imarah (Pengelolaan Masjid dengan Baik), dan Komisi Riayah (Pengelolaan Fisik, Sarana Masjid, dengan baik).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani