DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, telah bertemu dengan sejumlah tokoh nasional, agama, dan masyarakat pada Kamis (23/5) malam di rumah dinas Wapres Jusuf Kalla, Mentang, Jakarta.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/, terdapat sejumlah tokoh yang telah bertemu Wapres Kalla, yakni Wakil Presiden (Wapres) RI Keenam, Jenderal TNI (Purn). H. Try Sutrisno, dan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn). H. Agus Widjojo, M.M.A.S., M.Sc.N.S., M.P.A.

Hadir pula tokoh nasional lainnya, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI, Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. (Purn) Drs. H, Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Turut hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI,  Dr. H. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD., yang juga Ketua PP DMI, dan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., yang juga Anggota Majelis Pakar PP DMI.

Tokoh-tokoh nasional lainnya yang hadir ialah Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., Kepala Kepolisian RI (Kapolri) periode 2008-2010, Jenderal Polisi Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M., dan Duta Besar RI untuk Federasi Rusia periode 2008-2011, H. Hamid Awaluddin, S.H., L.L.W., Ph.D.

Hadir juga sejumlah pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, yakni Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Prof. H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D., dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A.

Hadir juga Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat (MPP) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Dr. H. Jimly Asshiddiqie, S.H., Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed., dan Sekjen PBNU, Dr. (H.C.) H. Helmy Faishal Zaini, S.T., M.Si., serta Ketua Umum PP Syarikat Islam, Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H.

Dalam keterangan pers-nya, usai pertemuan yang berlangsung selama sekitar 180 menit atau tiga jam itu, Wapres Kalla yang juga Ketua Umum PP DMI menyampaikan beberapa hal penting terkait upaya rekonsiliasi nasional pasca insiden kerusuhan yang terjadi pada Rabu (22/5) hingga Kamis (23/5).

“Ya, secepatnya saya lagi usahakan untuk ada pertemuan dengan tokoh-tokoh. Belum ketemu dengan Prabowo, ya sedang diusahakan pokoknya,” tutur Wapres Kalla pada Kamis (23/5) malam.

Pertemuan dengan para tokoh bangsa ini, lanjutnya, penting untuk menenangkan ketegangan pasca penetapan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Sebagai representasi (perwakilan) dari pemeirntah pusat, Wapres Kalla mengaku siap untuk membuka dialog dengan para elit politik yang terlibat dalam Pilpres 2019.

“Saya tentu, pemerintah tentu siap untuk berbicara, berdialog dengan semua tokoh karena tu juannyakita sama, untuk kedamaian, kemakmuran, dan semua harus ada prosedurnya,” jelas Wapres Kalla.

Wapres Kala pun meminta semua pihak untuk tenang sehingga situasi di Jakarta dapat berlangsung kondusif. “Apabila aksi massa semakin tidak terkendali, maka busa terjadi krisis ekonomi dan politik seperti pada tahun 1998 lalu,” imbuhnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani