DMI.OR.ID, MEDAN – Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV merupakan ajang untuk berdakwah sekaligus menjalin silaturrahim dengan seluruh peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof. Syawal Gultom, M.Pd, menyatakan hal itu pada Rabu (29/7) di ruang rapat Rektor, Gedung Rektorat Unimed, saat menerima kafilah (kontingen) Unimed yang akan berkompetisi dalam ajang MTQMN XIV.

“Para mahasiswa yang akan mewakili Unimed hendaknya senantiasa menjaga nama baik universitas, khususnya dalam menjalin silaturrahim dengan peserta dari perguruan tinggi lain se-Indonesia yang ikut dalam event ini,” tutur Prof. Syawal Gultom pada Rabu (29/7), seperti dilansir dari laman www.humas.unimed.ac.id

Rektor Unimed juga memberikan apresiasi, semangat dan dukungan kepada para mahasiswa terpilih itu. Ia pun berharap para peserta dapat mengikuti kompetisi secara baik dengan didasari tekad keikhlasan dan dakwah serta tetap menjaga kekompakan tim.

“Semoga para mahasiswa kafilah Unimed ini dapat meraih prestasi dalam cabang lomba yang diikuti. Teruslah berusaha, berdo’a dan berpikir positif dalam mengikuti lomba nantinya,” ujarnya.

Semoga hasilnya baik, lanjutnya, yakni juara pada 10 cabang lomba yang diikuti Unimed. “Mudah-mudahan prestasi ini dapat kita raih, amin,”  paparnya. Dalam ajang MTQMN XIV ini Unimed akan mengikuti 10 cabang lomba dengan jumlah delegasi 18 mahasiswa terpilih, dan enam orang lainnya sebagai pelatih dan panitia.

Sementara Ketua Tim Delegasi Unimed, Drs. Rahmatsyah, M.Si, menyatakan seluruh peserta kafilah dari Unimed telah melalui serangkaian seleksi ketat di tingkat fakultas dan universitas pada 2014 lalu.

“Masing-masing pemenang terbaik setiap cabang telah mengikuti latihan lanjutan sebagai pembekalan sebelum mengikuti ajang MTQMN XIV ini. Para peserta juga telah melalui proses pemantapan dan karantina serta dilatih oleh para pelatih profwsional,” tutur Rahmatsyah.

“Semoga usaha serius yang kami lakukan akan menuai hasil yang manis, yakni prestasi juara di setiap cabang lomba yang kita ikuti,” paparnya.

Adapun 25 orang delegasi yang akan mewakili Unimed dalam ajang MTQMN XIV di UI Jakarta yakni : Ketua Tim : Drs. Rahmatsyah, M.Si. Official Tim : Dra. Siti Hadijah Kaliat, Samrah, S.Pd, Dewita Rita, Bani Ismail, Yusnidar, SE.

Pelatih : H. Lagut Sutan Pulungan. Tilawah Qur’an : Fajar Mulia Nisa Agustina dan M. Salahuddin. Tartil Qur’an : Anggi Putri Suhadi. Hifzhil Qur’an 1 Juz : Suyanti dan Faisal Fadly Pulungan. Hifzhil Qur’an 5 Juz : Eva Lestari.

Hifzhil Qur’an 10 Juz : Hendra Lubis. Qira’at Sab’ah : Zul Idham Syah dan Khoirul Fahmi. Khathil Qur’an : Fajar Aini Laili dan Siti Hajar.

Fahmil Qur’an : Yuni Hajar, Tri Wulan Sari dan Fadhlan Almurtadho. Syahril Qur’an : Khoirunnisa Harahap, Auliyah Karimah dan Fatwa Putri Santoso. Karya Tulis : Nurul aliyah.

MTQMN XIV ini akan diselenggarakan di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, pada 1-8 Agustus nanti. MTQMN XIV ini mengambil tema Mengangkat Mahasiswa yang Beriman, Bertaqwa dan Berakhlaqul Karimah Menyongsong Indonesia Emas.

Adapun jumlah keseluruhan peserta dalam ajang MTQMN XIV ini mencapai 1.863 peserta dari 167 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang mengikuti ajang ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani