DMINEWS, DEPOK — Universitas Indonesia (UI) akan membangun suasana ‘Ukhuwah Islamiyah’ selama penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV.

Kampus UI Depok menjadi tuan rumah penyelenggara MTQMN XIV pada 1-8 Agustus 2014 mendatang.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV, Arman Nefi, SH, MM, menyatakan hal itu saat diwawancarai DMINEWS, Kamis (26/2) sore di Kamus UI Depok.

“UI akan berupaya membangun suasana ukhuwah Islamiyah dalam penyelenggaraan MTQMN XIV, terutama dengan negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim,” tutur Arman.

Menurutnya, ada sejumlah perbedaan dalam MTQMN XIV dibandingkan dengan MTQMN sebelumnya. Misalnya, nuansa kehadiran perwakilan duta besar negara-negara sahabat, terutama negara berenduduk mayoritas Muslim.

Negara-negara sahabat itu, lanjutnya, akan menampilkan berbagai agelaran seni dan budaya khas masing-masing negara.

“Kami memperkirakan MTQMN XIV ini akan menjadi MTQMN terbesar dari MTQMN sebelumnya, baik dari jumlah peserta, perguruan tinggi maupun bidang lomba. Pasalnya, akses ke Jakarta lebih mudah dibandingkan akses ke tempat-tempat lainnya,” ungkap Arman.

Arman pun sudah menginformasikan pelaksanaan MTQMN XI ini kepada para Pembantu Rektor (PR) III Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia. “Alhamdulilah, mereka menyatakan insya Allah siap hadir dalam acara MTQMN XIV,” jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, MTQMN XIV ini boleh diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta umum maupun yang berlatarbelakang agama Islam.

“Namun, untuk Perguruan Tinggi yang berbasis atau berlatarbelakang agama Islam, hanya diizinkan mengikuti tiga mata lomba,” ujarnya.

Ketiga mata lomba itu, paparnya, yakni Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris, Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an, dan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an.

Saat ini, pungkasnya, panitia MTQMN XIV sedang terus-menerus melakukan persiapan dan mematangkan konsep acara secara menyeluruh.

Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi (Ristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti).

Beberapa mata lomba yang akan dipertandingkan antara lain: Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah tartilil Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Qur’an untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz, Musabaqah Fahmil Al-Qur’an, dan Musabaqah Syarhil Al-Qur’an, serta Musabaqah Khaththil Qur’an.

UI telah membuat satu website khusus untuk acara ini, yakni: http://mtqmn14.ui.ac.id/. UI juga mengusulkan tema bertajuk “Membentuk Mahasiswa yang Beriman, betakwa dan Berakhlaqulkarimah Menyongsong Indonesia Emas” dalam MTQMN XIV ini,

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani