DMI.OR.ID, MALANG – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Malang telah menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DMI Kabupaten Malang pada Selasa hingga Rabu (19-20 /12 /2017), bertempat di Hotel Solaris, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rakerda ini juga mengangkat tema Mantapkan Akselerasi, Memakmurkan Dimakmurkan Masjid.

Seperti dikutip dari laman https://www.malang-post.com, Rakerda DMI Kabupaten Malang ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang, Drs. H. Muhammad Sanusi, M.M., yang juga menyampaikan kata sambutan bersama-sama Ketua dan Sekretaris PD DMI Kabupaten Malang, yakni Drs. KH. Imam Sibaweh, dan KH. Maman Abdul Karim.

Dalam sambutannya, Kyai Maman Abdul Karim menyatakan bahwa DMI Kabupaten Malang telah mendirikan dua buah minimarket di Masjid al-Hurriyah, kecamatan Tumpang, dan satu masjid lagi di kecamatan Sumberpucung.

“Sekarang, program ini tengah kami godok melalui Rakerda. Diharapkan semakin banyak lagi masjid yang memiliki usaha melalui minimarket ini sehingga dapat menghidupi masjid itu serta mensejahterakan umat di sekitarnya,” tutur Kyai Maman Abdul Karim pada Selasa (19/12/17).

Menurutnya, program pemberdayaan umat sedang gencar dilakukan oleh DMI. “DMI juga melakukan pemberdayaan masjid melalui program Memakmurkan dan Dimakmurkan masjid di 10 kecamatan se-Kabupaten Malang,” ungkapnya.

Program-program itu, lanjutnya, dilaksanakan oleh pengurus PD DMI Kabupaten Malang setiap usai sholat Jumat. Adapun bentuk kegiatannya seperti pelatihan perbaikan sound system (akustik) masjid dan sosialisasi program kesehatan berbasis masjid. “Ini sebagai upaya kami dalam mensejahterakan umat,” ujarnya.

Pernyataan senada diungkapkan Wabup Malang, Drs. H. Muhammad Sanusi, bahwa pembangunan minimarket berbasis masjid oleh DMI Kabupaten Malang merupakan nilai tambah masjid yang sangat bermanfaat bagi umat.

“Fungsi utama dari masjid adalah untuk beribadah bagi umat Islam. Akan tetapi, masjid juga harus memiliki nilai tambah, dalam hal ini memberikan manfaat bagi umat. Sudah tepat Dewan Masjid melakukan program pemberdayaan umat,” jelas Sanusi.

Wabup Malang ini pun mengapresiasi positif program-program yang dilakukan DMI dalam meakmurkan dan dimakmurkan masjid. “Masjid harus bermanfaat dan memberikan kemakmuran kepada ummat,” imbuhnya.

Jika hal ini dapat terlaksana, ucapnya, maka perekonomian umat Islam di Kabupaten Malang akan semakin meningkat. “Untuk mencapai hal itu, tentunya saya mendukung berbagai program pemberdayaan umat oleh DMI,” katanya.

Wabup Malang yang akrab disapa Abah Sanusi itu pun berpesan agar pengurus DMI Kabupaten Malang tetap mengusung tugas utama DMI untuk senantiasa meningkatkan kualitas ibadah umat Islam. “Salah satunya ialah dengan memberikan pencerahan kepada umat Islam di sekitarnya, baik melalui kegiatan ceramah maupun aktivitas religi (dakwah) lainnya,” ujarnya.

”Guna memakmurkan masjid dalam rangka memaksimalkan pencerahan, pengurus DMI diharapkan bisa menerapkan konsep dan konteks (untuk) memperkuat keimanan,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani