DMINEWS, BANDUNG – Masjid Jawa (Java Mosque) yang terletak di tengah-tengah kota Bangkok, Thailand, telah berdiri sejak awal abad ke-20 dan berperan penting dalam perkembangan dan sejarah Islam di sana.

Hal ini membuktikan Muslim Indonesia sudah ada di Bangkok sejak lama. Namun, tidak semua orang Indonesia tahu tentang keberadaan Masjid Jawa itu.

‎Seperti dikutip http://jabar.tribunnews.com, Presiden Direktur Perfect Holiday Indonesia, Miko Puji Utomo, ‎menyatakan hal itu di Bandung, Kamis (19/3).

Tepatnya, saat acara ‘Silaturahmi Perfect Holiday Royal Siam-Thailand’ dengan anggota ‘Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA)’ Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jawa Barat (Jabar), di Hotel Breeze Art & Boutique, Kamis (19/3) petang.

“Masjid Jawa terletak di kawasan Sathorn, Kota Bangkok. Di kawasan sekitar masjid, cukup banyak tinggal Warga Negara Indonesia (WNI) asal Pulau Jawa. Bahkan, masih ada percampuran bahasa yang digunakan penduuk sehari-hari, yakni bahasa Jawa dan bahasa Thailand,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, meskipun saat ini masih banyak WNI, sudah banyak warga yang bercampur baur dengan Muslim dari negara lain seperti Bangladesh dan Pakistan.

“Keberadaan masjid Jawa di Bangkok menandai hubungan Indonesia dengan Bangkok yang sudah terjalin sanggat lama. Masjid ini juga membuktikan warga Muslim bisa berdampingan secara harmonis dengan warga Thailand yang mayoritas beragama Budha,” ungkap Miko.

Adanya Masjid Jawa ini, jelasnya, juga menepis anggapan tidak adanya makanan halal di negeri gajah putih itu. “Padahal, makanan halal cukup banyak dan bisa dijumpai di Thailand,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani