DMI.OR.ID, DEPOK – Salah satu negara sahabat Indonesia yang turut aktif memeriahkan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional (MN) XIV adalah Turki. Negara berpenduduk mayoritas Muslim di perbatasan benua Eropa dan Asia ini akan menampilkan pertunjukan seni dan budaya Islami khas Turki seperti pameran dan demo Lukisan Ebru.

Dalam rilis yang diterima DMI.OR.ID, salah satu karya ilmiah ulama asal Turki di masa Kekaisaran Turki-Ottoman (Dinasti Usmani), Bediuzzaman Said Nursi, yang berjudul Al Lamaat akan dibedah oleh para pakar pada Senin (3/8)  di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok. Sedangkan pameran dan demo Lukisan Ebru akan diselenggarakan pada Rabu (5/8) di Kampus UI, Depok.

Selain Turki, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kampung Siglap, Singapura, atau Singapore Darul Qur’an, Ustadz Nailul Hafiz bin Abdul Rahim, juga akan menjadi pembicara dalam talkshow bertajuk Manajemen Modern dalam Pengelolaan Masjid: Sharing dari Masjid Kampung SIglap, Singapura, pada Selasa (4/8).

Negara-negara lain yang turut berpartisipasi dalam MTQMN XIV ini adalah negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand. Negara lainnya ialah Iran yang akan tampil dalam pameran seni dan budaya Islam.

Sementara Rektor UI, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Anis, M.Met, menyatakan tujuan utama dari ajang MTQMN XIV ini bukanlah mencari menang atau kalah, melainkan untuk memperkuat tali silaturrahim, membangun kebersamaan, dan membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan kampus, khususnya di kampus UI.

“Inti MTQMN XIV ini bukan di perlombaan atau kompetisinya, melainkan untuk membangun kebersamaan, memperkuat tali silaturrahim, dan membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan kampus-kampus di Indonesia,” tutur Anis dakam konferensi pers di Balai Kirti, Kampus UI, Depok, pada Senin (27/7) siang.

Jika tujuan ini tercapai, lanjutnya, maka bangsa Indonesia akan sejahtera sesuai cita-cita para pendiri bangsa. Momentum MTQMN XIV ini sangat tepat untuk membangun rasa gotong royong antar sesama insan perguruan tinggi dalam rangka membentuk manusia-manusia yang berakhlaq, beriman dan bertaqwa.

Adapun Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. H. Arman Nefi, SH, MH, menyatakan UI terus menyiapkan dan melatih 30 orang kontingen mahasiswa yang akan mengikuti ajang MTQMN XIV ini. Para peserta juga memasuki masa karantina selama beberapa pekan.

“Ajang MTQMN XIV ini merupakan kesempatan yang baik bagi 30 peserta mahasiswa UI untuk meningkatkan prestasi. Kalau bisa, kontingen UI mendapat sukses ganda, baik sebagai tuan rumah maupun juara umum ketiga seperti harapan para pembina,” paparnya.

Arman pun berharap para kafilah (peserta), pembina, panitia dan pendamping dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan syiar Islam antar sivitas akademika perguruan tinggi sembari membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kegiatan MTQMN XIV ini akan diikuti oleh 167 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan jumlah peserta sebanyak 1.683 mahasiswa. Jumlah peserta dan PTN yang berpatisipasi ini mengalami peningkatan sebesar 20-25 persen dibandingkan MTQMN XIII sebelumnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani