DMI.OR.ID, KARAWANG – Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Ahmad Yani, menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Muballighah yang diselenggarakan Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Karawang, Jawa Barat, pada Selasa (2/6) pagi.

“Insya Allah saya menjadi pemandu sekaligus narasumber dalam acara Pelatihan Muballighah yang diselenggarakan PD Salimah Karawang ini. Kegiatan ini akan diikuti oleh 50 Majelis Taklim yang ada di Karawang, Jawa Barat,” tutur Ahmad Yani dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Selasa (2/6) pagi.

Menurutnya, para peserta pelatihan ini juga akan mendapatkan buku berjudul Panduan Ceramah dan Khutbah yang ditulis langsung olehnya. Buku ini memandu para pembaca secara praktis. “Isi buku ini mencakup cara berpidato yang menarik, termasuk cara membuka dan menutup pidato serta memilih kata dalam berpidato,” ungkapnya.

Buku ini, lanjutnya, juga berisi seputar kriteria topik dan judul pidato yang baik, termasuk cara untuk mengatasi rasa cemas dalam berkomunikasi dan teknik merumuskan materi dakwah. “Buku ini juga berisi tata cara khutbah, tips menjadi pembawa acara dua puluh ceramah serta contoh muqaddimah ceramah dan khutbah,” lanjutnya.

Seperti dikutip dari laman http://ahmadyani.masjid.asia, buku kecil ini memiliki ketebalan sebanyak 145 halaman dengan soft cover dan diterbitkan oleh Khairu Ummah pada 2011 lalu.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani