Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=huD-Fs1I5pQ / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bertekad akan menerapkan International Organization For Standardization (ISO) 9001: 2015 guna meningkatkan mutu dan kualitas manajemen DMI. Tekad ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., saat memimpin Rapat Pleno PP DMI pada Selasa (24/9) siang.

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=huD-Fs1I5pQ / Tawaf TV, Rapat Pleno PP DMI ini diikuti dengan prosesi penandatanganan oleh jajaran PP DMI sebagai simbol kebulatan tekad untuk menerapkan manajemen berbasis ISO 9001: 2015.

“Sebagai organisasi nirlaba yang mengurusi umat dan masjid, sudah saatnya DMI menerapkan ISO 9001: 2015 sebagai standar dalam menjalankan manajemen organisasi secara profesional,” tutur H. Syafruddin pada Selasa (24/9), saat memberikan arahan dalam rapat pleno PP DMI.

H. Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) itu pun mencontohkan dua organisasi kermasyarakatan (Ormas) Islam yang telah menerapkan manajemen organisasi berbasis ISO 9001: 2015.

“Misalnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang telah menerapkan manajemen organisasi berbasis ISO 9001: 2015,” paparnya.

Tokoh Perubahan Republika Tahun 2017 itu pun berharap agar jajaran PP DMI mencurahkan perhatian dan memberikan kontribusinya agar ISO 9001: 2015 dapat segera diterapkan dalam manajemen DMI. “Semua pengurus PP DMI harus mendukung terwujudnya ISO 9001: 2015 dalam manajemen organisasi DMI,” imbuh H. Syafruddin.

Dalam acara ini, turut hadir dua bendahara PP DMI, yakni H. Tatang Hidayat, dan Dra. Hj. Dian Artida, Sekretaris Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pembinaan Kewilayahan PP DMI, Drs. H. Chusnul Khuluk, M.M., serta Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI, Ir. H. Muman Diaz.

Hadir pula Sekretaris Departemen Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan PP DMI, Ir. H. Sugijono, S.E., Ketua Departemen Dakwah, Ukhuwwah, dan Sumber Daya Keummatan PP DMI, Ustaz Drs. H. Ahmad Yani, dan Sekretaris Departemen Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Luar Negeri PP DMI, Drs. H. Bunyan Saptomo, M.A.

Hadir juga Ketua dan Sekretaris Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, yakni drg. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.K.M., dan Ahmad Syarifuddin, serta Sekretaris Departemen Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi (IPTEK), dan Kebudayaan PP DMI, H. Rahadi Arsyad, M.B.A.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani