Sumber: Fardha Muhammad, Ikatan Khatib DMI/ https://www.youtube.com/watch?v=E4PXeDGZmsY

DMI.OR.ID, JAKARTA – Majelis Pimpinan Pusat (MPP) Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menyelenggarakan Halaqah Nasional pada Jumat (21/12/18) hingga Ahad (23/12/18), bertepatan dengan 14-16 Rabi’ul Akhir 1440 Hijriah, di Hotel Mercure, Jakarta.

Halaqah Nasional ini mengangkat tema Meneguhkan Peran Khatib dalam Melestarikan Dakwah Rahmatan Lil A’lamin. Halaqah nasional ini dirangkai dengan acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Khatib DMI.

Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol). Purnawirawan (Purn). Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI, pada Sabtu (22/12/18) pagi. H. Syafruddin juga memuku bedug saat membuka acara ini secara resmi.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, H. Syafrudin didampingi oleh Ketua Umum MPP Ikatan Khatib DMI, Dr. KH. Muhammad Hamdan Rasyid, M.A., dan Wakil Ketua Umum MPP Ikatan Khatib DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., yang juga Direktur Program PP DMI, serta Ketua PP DMI, Drs. KH. Abdul Manan, yang juga Pembina Ikatan Khatib DMI.

Ketiganya juga menjadi narasumber dalam sesi I dialog Halaqah Nasional IK DMI. Narasumber lainnya dalam dialog sesi II acara ini ialah Prof. Dr. H. Aziz Fahrurrozi, M.A., Guru Besar dan pakar bahasa Arab dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Kegiatan ini juga dihadiri ratusan pengurus MPP Ikatan Khatib DMI di tingkat pusat dan wilayah se-Indonesia.

Turut hadir Pelaksana Tugas (Plt). Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, drg. H. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.Kes., Ketua PP DMI, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M., Bendahara Umum PP DMI, Dr. H. Machfud Sidik, M.Sc., dan Bendahara PP DMI, dra. Hj. Dian Artida.

Berikut ini adalah video pelaksanaan Halaqah Nasional dan Rakernas Ikatan Khatib DMI. Selamat Menyaksikan.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani