Sumber: https://www.tawaf.tv/watch/3810/Konsep-Museum-Sejarah-Nabi-Dan-Peradaban-Islam / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Museum Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam (SAW) yang dibangun bersama oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Yayasan As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabi akan menceritakan kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW sejak kecil hingga hijrah ke Kota Madinah al Munawwarah.

Seperti dikutip dari laman https://www.tawaf.tv/, konsep Museum Rasulullah Muhammad SAW ini dibahas secara konstruktif oleh DMI dan Yayasan Museum As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabi pada Kamis (1/8) di Kantor Pimpinan Pusat (PP) DMI, Jakarta.

Pertemuan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., dan Assistant General Supervisor dari Yayasan MUseum Al-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabi Endowments Makkah,  Syeikh Abdullah Nashir Al-Qarni.

Hadir pula Direktur Program PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., dan Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, drg. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.K.M.

Dalam pertemuan ini, kedua pihak sepakat bahwa Museum Rasulullah SAW akan menggunakan konsep teknologi multimedia digital dalam bentuk hologram dan tiga dimensi. Jadi para pengunjung museum akan dibawa kembali ke suasana seperti di masa kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Dengan bantuan media audio visual dan teknologi informasi, diharapkan umat Islam di Indonesia dapat memahami, mempelajari, dan mengambil hikmah dari sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Museum ini juga berpotensi besar menjadi destinasi wisata halal baru di Indonesia.

Menurut Syeikh Abdullah Nashir Al-Qarni, Museum Rasulullah SAW ini juga akan menampilkan miniatur Masjid Nabawi di Madinah serta kediaman Rasulullah Muhammad SAW dan keluarganya dengan ukuran yang sama dalam skala tertentu. “Jadi semu amasyarakat bisa melihatbentuk ukuran akan sama pada masa Rasulullah SAW,” ujarnya.

“Jadi sesuatu yang ditonjolkan adalah yang selama ini kita baca tentang sejarah Rasulullah dari bacaan-bacaan yang akan ditampilkan baik dalam bentuk visual atau pun dalam wujud benda. Semuanya tentang masa (kehidupan) Rasulullah SAW, nanti akan ditampilkan di museum ini,” jelas Syeikh Abdullah.

Berikut ini adalah video pertemuan antara PP DMI dengan pimpinan Yayasan As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabi pada Kamis (1/8). Khususnya terkait pembahasan konsep digital dalam bentuk hologram dan tiga dimensi untuk Museum Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani