Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=bIEqtWh-c9M&t=26s / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menyelenggarakan seminar nasional bertajuk Budaya Wali Songo dan Gelaran Seni Islami Nusantara pada Ahad (13/10) di Aula Latief Hendraningrat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kegiatan ini mengangkat tema Formasi dan Transformasi Kebudayaan Islam Di Nusantara. Acara ini diselenggarakan oleh PRIMA DMI bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Himpunan Mahasiswa Program Pascasarjana UNJ, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, serta Republika dan Tawaf TV sebagai mitra media.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Wakil Dekan III Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) UNJ, Dr. H. Andi Hadiyanto, M.A. Ia menyampaikan materi seputar Islam dan Kebudayaan Lokal.

Narasumber lainnya ialah Wakil Sekretaris Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Dr. KH. Abdul Hamid (Gus Hamid). Ia menyampaikan materi berjudul Budaya Wali Songo: Transformasi Menuju Peradaban Baru.

Ada pula Wakil Sekretaris PP Lembaga Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU), KH. Abdullah Imam, selaku narasumber. Ia akrab disapa Gus Abdullah Wong oleh masyarakat umum. Ia membahas materi tentang syiar dan dakwah agama Islam oleh Wali Songo melalui pendekatan seni dan budaya yang telah populer di masyarakat.

Pemateri lainnya ialah Peneliti Muda Bidang Perkembangan Asia Pasifik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), H. Saiful Hakam, S.S., M.A. Ia menyampaikan materi: Politik Maritim Tiongkok Abad Ke-14 dan Ke-14, Negara-Negara Kota Baru di Nusantara, dan Pertumbuhan Islam.

Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A., lalu memukul gong sebagai tanda dimulainya acara. Sebelumnya Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., juga memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Adapun laporan kegiatan dibacakan oleh Ketua Panitia, Sofian, S.H., M.H., yang juga Wakil Ketua umum PP PRIMA DMI. Sedangkan pembacaan do’a dipimpin oleh Ketua Departemen Hubungan dan Kerja Sama Internasional PP PRIMA DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Redaktur Website DMI.

Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta ini, turut hadir artis Cici Paramida yang menyanyikan sejumlah lagu bernuansa Islami. Ada juga Tim Hadrah Annasyidus Shoffa yang telah memandu para peserta untuk bersama-sama berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) dan bersholawat terhadap Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam (SAW).

Sesudah acara, para peserta masing-masing mendapatkan buku Menyingkapi Sandi Al-Qur’an (Decoding The Qur’an) karya Ahmed Hulusi. Berikut ini adalah video kegiatan seminar nasional: Budaya Wali Songo dan Gelaran Seni Islami Nusantara. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani