Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Iu1NU0MYEjk / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), menegaskan tekad DMI untuk meningkatkan pelayanan terhadap jama’ah masjid dalam segala aspek.

“Tujuan kita di dewan masjid adalah meningkatkan ibadah yang fardhu dan juga ibadah sosial kita secara baik,” tegas Wapres Kalla pada Rabu (17/7), seperti dikutip dari laman   https://aceh.antaranews.com/. Tepatnya saat memberikan kata sambutan dalam Halal Bi Halal dan Seminar Sehari yang diselenggarakan oleh DMI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kegiatan Halal bi Halal ini mengangkat tema Islam Rahmatan Lil A’lamin Sebagai Modal Utama Membangun Bangsa. Acara ini juga dirangkai dengan peringatan Milad (hari lahir) DMI ke 47 tahun dan peluncuran program Pendidikan Khatib dan Da’i Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

DMI, lanjutnya, akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada umat. Caranya dengan meningkatkan fasilitas ibadah, keorganisasian DMI, dan pelayanan yang lebih baik di masjid.

“DMI juga memiliki banyak program untuk meningkatkan pelayanan ibadah di masjid. Upaya ini tidak sekedar untuk mempercantik masjid, tetapi untuk meningkatkan ibadah umat,” ucapnya.

Menurutnya, beberapa perbaikan terhadap masjid juga telah diupayakan. Misalnya kegiatan perbaikan masjid, perbaikan akustik masjid, arsitektur masjid, dan pelayanan kepada umat.

“Salah satu kelemahan di Masjid saat ini adalah terkait sound system yang bergaung-gaung karena salah pasang. Karena itu, DMI menyiapkan 120 mobil operasi dan 500 teknisi untuk melakukan perbaikan akustik masjid,” jelasnya.

Alhamdulillah, ungkapnya, program perbaikan akustik masjid ini sudah berjalan selama lima tahun, sejak 2014.

“Pencapaian program ini sudah sebesar 10 persen atau sekitar 100 ribu masjid yang telah diperbaiki akustiknya, dari sekitar 800 ribu masjid (dan musholla) yang ada di seluruh Indonesia. DMI juga berencana menambah sekitar 100 mobil operasional akustik. Targetnya, dalam waktu lima tahun mendatang bisa memperbaiki akustik di 50 persen masjid,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, acara ini dibuka secara resmi oleh Wapres RI Terpilih 2019-2024, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Makruf Amin, yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat. Kyai Makruf juga memberikan kata sambutan sebagai pembicara utama (keynote speaker), lalu memukul bedug sebagai tanda dimulainya acara.

Dalam prosesi pemukulan bedug ini, Kyai Makruf didampingi oleh Wapres Jusuf Kalla, Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., Ketua PP DMI, Drs. KH. Abdul Manan A. Ghani, yang juga Ketua Steering Committee (SC) Panitia Halal bi Halal dan Seminar Sehari, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A.

Turut hadir dan mendampingi Kyai Makruf ialah Sekretaris PP DMI, Dr. H. Serian WIjatno, S.E., M.M., M.H., yang juga Sekretaris SC Panitia Halal bi Halal dan Seminar Sehari. Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan Nota KEsepahaman (Memorandum of Understanding) antara DMI dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah dan dan perusahaan aplikasi daring Gojek.

Berikut ini adalah video pidato sambutan Wapres Muhammad Jusuf Kalla dalam acara Halal bi Halal dan Seminar Sehari yang diselenggarakan bersama oleh DMI dan MUI. Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani