DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, memberikan sambutan dan secara resmi membuka Muktamar III Wahdah Islamiyah pada Selasa (19/7) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Muktamar III Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Wahdah Islamiyah ini mengambil tema “Mewujudkan indonesia Damai dan Berperadaban dengan Islam yang Wasathiyah” dan berlangsung sejak Senin (17/7) hingga Rabu (20/7).

Seperti dikutip dari Koran Republika edisi Rabu (20/7), Wapres Jusuf Kalla meminta ummat Islam, khususnya pengurus Wahdah Islamiyah, untuk meneladani perilaku Rasulullah Muhammad SAW.

“Lihat Rasul, lihat sahabat, semua berdagang, semua berusaha. Berwirausaha merupakan sikap yang harus diteladani umat Islam dari Rasulullah SAW,” tutur Wapres Kalla pada Selasa (19/7).

Wirausaha, lanjutnya, menjadikan umat Islam aktif dan tidak selalu bersikap konsumtif terhadap komoditas (barang dan jasa). Usaha itu akan membuat ummat Islam di Indonesia dihormati bangsa-bangsa lain di dunia.

Menurut Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), selama ini umat Islam di Indonesia selalu membanggakan dua hal yang telah ada sejak dahulu, yakni jumlah ummat Islam yang mayoritas serta toleransi dengan pemeluk agama lain yang berlangsung sangat baik.

“Ummat Islam harus lebih dari itu, harus berkeinginan kuat untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang lebih baik. Ormas Islam harus berkeinginan kuat untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang lebih baik,” papar Wapres Jusuf.

Ormas Islam, imbuhnya, juga berkewajiban dalam memakmurkan memberi kebahagiaan, dan memajukan ummat. Apalagi secara global, umat Islam sedang mengalami begitu banyak tantangan.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat ini juga berpesan agar ulama menumbuhkan semangat hidup Rasulullah SAW bagi setiap Muslim. Apalagi selama ini ormas-ormas Islam memiliki peran besar bagi umat dan bangsa.

“Para ulama harus menggiatkan dakwah yang dapat membangkitan semangat dan meningkatkan kemakmuran umat serta memperkuat kedaulatan bangsa,” harap Wapres Kalla,

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani