DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, Indonesia negara paling aman dan toleran dari sisi kehidupan umat beragama di dunia.

Hal itu dikatakan pria yang biasa disapa JK saat memberikan tausiyah shalat tarawih di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Ahad (21/6).

“Faktanya, Indonesia negara paling aman dan toleran di dunia. Itu kehidupan umat beragama. Toleransi kita tidak dapat didapati di belahan dunia manapun,” papar JK.

Di depan kurang lebih 2 ribuan jamaah shalat tarawih, pria yang juga Ketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menjelaskan, umat minoritas di Indonesia sangat dihormati.

“Muslim di kita ada sekitar 85 persen, Nasrani sekitar 10 persen, Hindu 2 persen, Budha 1 persen, dan Khonghucu kurang dari 1 persen. Tapi semuanya ada hari raya dan libur resmi,” demikian JK.

Hal itu, lanjut dia, tidak akan ditemui di negara lain seperti Amerika dan lainnya. Di Amerika, katanya, muslim lebih 5 persen, tapi tidak ada libur dan perayaan idul fitri. Di Thailand muslim sekitar 10 persen, juga tidak ada libur resmi.

Terkait keamanan dan kenyamanan, JK memaparkan kehidupan beragama di Indonesia patut disyukuri. Hal itu mengingat masyarakat yang beragam dapat menjalankan ibadah dengan baik, aman dan nyaman.

“Coba lihat di Palestina, Sudan, Irak, Yaman, Syiria, dan negara-negara Arab serta Timur Tengah, mereka berkonflik, perang. Mereka tidak bisa melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna dan aman. Maka patut kita syukuri kehidupan beragama di Indonesia yang damai dan aman,” pungkas JK.

Penulis: Hery Sucipto