DMI.OR.ID, KABUL – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Dr. (H.C.) H. Muhammad Jusuf Kalla, telah menginisiasi Pertemuan Tripartit Ulama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan yang akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk mewujudkan perdamaian abadi di Afghanistan.

Seperti dilansir dari laman www.republika.co.id, Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menyatakan bahwa langkah pertama yang harus ditempuh untuk mewujudkan perdamaian di Afghanistan ialah melalui dialog dengan para ulama.

“Pertemuan Tripartit Ulama Indonesia, Afghanistan dan Pakistan akan dilakukan untuk membahas perdamaian di Afghanistan. Pertemuan itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Indonesia,” tutur Wapres Kalla pada Selasa (27/2) malam, pukul 17:55 waktu setempat, di Istana Delkussa, Kabul, Afghanistan, usai bertemu dengan Presiden Afghanistan, Dr. Ashraf Ghani Ahmadzai.

Sebelumnya, Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu telah bertemu dengan pimpinan High Peace Council (HPC) Afghanistan, Mohammad Karim Khalili, di Istana Haram Sarai, Kabul, Afghanistan, pada Selasa (27/2) sore, pukul 15:00 waktu setempat.

Wapres Kalla beserta delegasi Indonesia tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, pada Selasa (27/2) siang, pukul 13:40 waktu setempat. Diantara delegasi itu ialah anggota Majelis Pakar PP DMI, Prof. H. Azyumardi Azra, M.A., Ph.D., yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Anggota delegasi lainnya ialah Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan Organisasi Konferensi Islam (OKI), Prof. Dr. H. Alwi Abdurrahman Shihab, M.A., Ph.D., dan Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol) Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI.

Adapun Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., L.L.M., turut mendampingi Wapres dan tiba terlebih dahulu di Kabul, Afghanistan.

Wapres Kalla juga didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Republik Islam Afghanistan, Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Purn. Arief Rachman, dan Atase Pertahanan RI untuk Republik Islam Pakistan, Kolonel Arh. Putut Witjaksono Hadi.

Wapres Kalla menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Kabul selama sekitar 6 jam 25 menit, setelah bertolak dari Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusumah, Jakarta, pada pukul 06:15 WIB. Sebelumnya, Pesawat Wapres Kalla tiba di Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada Pukul 08:15 WIB untuk transit selama sekitar satu jam.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani