DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), secara resmi telah meluncurkan Bless pada Sabtu (28/5) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Bless adalah sebuah program aplikasi mobile phone (Android) yang dirancang bersama oleh DMI dan startup Bless Indonesia. Bless merupakan aplikasi mobile pemersatu Umat Islam Indonesia untuk mempermudah kebutuhan beribadah dengan saling berbagi Informasi Masjid, Penceramah, serta kegiatan Islam dan belanja online kebutuhan Muslim/ Muslimah.

Dalam bahasa Indonesia, Bless berarti berkah. Dengan mengusung tema Temukan Gaya Hidup Islami dan tagline Indahnya Berbagi Berkah, Bless siap melayani kebutuhan ummat Islam Indonesia, khususnya di bulan Ramadhan 1437 Hijriah ini.

“DMI telah membuat aplikasi yang dapat menghubungkan jamaah masjid (masyaraat) dengan ustaz, penceramah, dan lokasi masjid yang ada di dekatnya. Misalnya, ustaz mana yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sini, sekitar satu atau dua kilometer, jadi cepat sampai untuk ceramah,” tutur Wapres Kalla pada Sabtu (28/5).

Selama ini, lanjutnya, sering terjadi orang yang hendak mengundang ceramah, masjidnya ada di Jakarta Selatan, sedangkan ustaznya ada di Jakarta Utara. Jaraknya sangat jauh dan tidak efektif. “Aplikasi ini seperti gojek, kita dapat mengetahui dimana ustaz terdekat,”ucapnya.

“Jamaah juga dapat memberikan penilaian kepada penceramah, ustaz mana yang meraih bintang lima atau paling baik ceramahnya. Kita juga mengetahui apa keahlian spesifik ustaz itu, apakah ceramah di bidang perdagangan, pertanian, atau penasihat perkawinan, tentu keahliannya berbeda-beda,” jelasnya.

Kalau perlu, lanjutnya, Curriculum Vitae (CV) Ustaz/ penceramahnya disertakan dalam aplikasi sehingga mutu ceramahnya berkualitas. Kalau perlu ke depan kita minta bantuan microsoft agar lokasi masjid dapay masuk ke peta google. “Program ini telah dimulai sekarang di Jakarta, nanti kita kembangkan di daerah lain,” ujarnya.

Menurutnya, saat memasuki bulan suci Ramadhan nanti, masyarakat dapat mengetahui dengan mudah siapa imam dan khotib saat pelaksanaan sholat Jumat dan sholat taraweh di masjid itu hanya dengan menggunakan aplikasi online Bless, “Harapannya, pengurus masjid dapat lebih mudah melaksanakan peran dan fungsinya,” paparnya.

Acara ini diselenggarakan oleh PP DMI bekerjasama dengan TV DMI Channel, Republika Media Visual (RMV), Nin Media, dan PT. Agung Podomoro Land, Tbk, serta IndiHome Fiber milik PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Saat ini, TV DMI Channel juga dapat disaksikan publik

Dalam acara ini, turut hadir Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., yang juga Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sekaligus Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU); dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni,M.A., yang juga Pembantu Rektor (Purek) I Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ).

Hadir pula Menteri Komunikasi dan Informartika (Menkominfo), Ir. H. Rudiantara, M.B.A., yang juga Ketua Departemen Komunikasi, Informasi, (Kominfo), hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Hubungan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, serta Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Drs. KH. Muhammad Muzammil Basyuni, M.A.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, M.A., yang juga Rektor PTIQ, juga hadir dalam acara ini. Dari jajaran PP DMI, turut hadir Ketua PP DMI Bidang Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya manusia (SDM), Drs. H. Raden Maulany, S.H., dan Ketua PP DMI Bidang Sarana Hukum dan Waqaf PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi.

Hadir juga Ketua PP DMI Bidang Pengembangan Ekonomi Umat, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Drs. H. Abdilla Fauzi Achmad, M.B.A., AAIK, Ketua PP DMI Bidang Pengembangan Potensi Muslimah dan Anak, Dr. Dra. Hj. Maria Ulfah Anshori, M.A., dan Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andy Mappaganty, M.M.

Pengurus lainnya ialah Bendahara PP DMI, H. Syaifudin Nawawi, S.H., dan Dra. Hj. Dian Artida, Ketua dan Sekretaris Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan SDM PP DMI, Drs. KH. Abdul Manan Abdul Gani, dan Drs. H. Khusnul Khuluk, M.M. serta Anggota Departemen Pengembangan Muslimah dan Potensi Anak PP DMI, Dra. Hj. Helwana Fattoliya.

Turut hadir Ketua Umum Korps Muballigh-Muballighah DMI, Ustadzah Hj. Suryati Uwais,S.Ag, serta anggota, Sekretaris Departemen, dan Sekretaris PP DMI Bidang Kominfo, Hubla dan Hublu PP DMI, yakni Ir. H. Mu’man Diaz, H. Hery Sucipto, Lc., M.M., dan Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani