DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Yang Mulia DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, bersilaturrahim dan mengikuti jamuan makan malam dengan Kepala Negara Kerajaan Saudi Arabia (KSA), Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, pada Jumat (3/3) malam di Hotel Raffles, Jakarta.

Dalam keterangan pers-nya pada Sabtu (4/3), Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu juga mengajak Raja Salman, yang bergelar Khadimul Haramain As-Syarifain (Pelayan Dua Tanah Suci Yang Mulia), untuk berbincang-bincang seputar kondisi masjid di negara masing-masing.

Menurutnya, Raja Salman merasa terkejut saat mengetahui terdapat sedikitnya 800.000 masjid dan musholla yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya atas tugas Raja yang luar biasa untuk melayani dua ota suci dan masjid besar di Mekkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah, Saudi Arabia.

“Dalam pertemuan di Hotel Raffles, Jumat (3/3), Saya sampaikan ucapan kebanggaan dan terima kasih atas tugas Raja yang luar biasa, melayani dua kota suci dan masjid besar di Mekah dan Madinah. Saya bilang, saya ketua Dewan Masjid, 800.000 masjid di sini. Terkejut dia. Dia kira 8.000, tapi 800.000, semua terkejut,” ungkap Wapres Jusuf Kalla pada Sabtu (4/3) kepada para wartawan.

Seperti dikutip dari laman http://nasional.kompas.com, Wapres Kalla menyatakan hal itu usai mengantar Raja Salman bin Abdul Aziz di Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (4/3). Raja Salman hendak melakukan kunjungan kenegaraan singkat ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, sebelum sore harinya berwisata ke Bali bersama 14 menteri, 25 pangeran, dan seluruh rombongan KSA. Pesawat Saudi Arabian Airlines pun lepas landas pada Pukul 09.40 WIB, Sabtu (4/3) pagi.

Sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, lanjutnya, Indonesia memang tidak memiliki masjid sebesar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi di Madinah. “Namun, Indonesia memiliki masjid yang banyak dan tersebar luas di semua daerah. Dia masjid besar, kita masjid banyak, hampir sama maknanya,” ucap Wapres Kalla.

Dalam kesempatan ini, Wapres Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.S. Wapres Kalla juga sempat melakukan pertemuan dengan 16 Pangeran dari KSA untuk menindaklanjuti nota kesepahaman (MoU) dan rencana kerja sama bilateral kedua negara dalam berbagai bidang.

 

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani