DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah meresmikan dan membuka kegiatan Bersih-Bersih 1001 Masjid, Bersihnya Hati Bersihnya Perbuatan: Mari Bersihkan Masjid Kita pada Rabu (3/5).

Kegiatan ini bertempat di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Jakarta, dan diselenggarakan oleh PT. Unilever, Tbk bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk menyambut hadirnya Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah.

Dalam kesempatan ini, diresmikan juga website www.1001inspirasiramadhan.com sebagai media online yang mensyiarkan dan menyebarluaskan berbagai macam kegiatan PT. Unilever, Tbk dalam menyambut hadirnya bulan Suci Ramadhan.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla menegakan bahwa wajib hukumnya bagi ummat Islam untuk senantiasa membersihkan masjid karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Apalagi setiap sholat kita harus dalam keadaan bersih dan suci (dengan berwudhu).

“Dalam Islam sudah dijelaskan, bahwa kebersihan sebagian dari iman. Sedangkan masjid adalah tempat kita menjalankan keimanan, tempat kita shalat. Jadi bersih saja wajib apalagi membersihkan masjid, pasti lebih wajib lagi, begitu kan,” tutur  Wapres Kalla pada Rabu (3/5), seperti dikutp dari laman www.republika.co.id.

Wapres Kalla juga mengapresiasi kegiatan membersihkan masjid yang diselenggarakan oleh PT. Unilever, Tbk bekerjasama dengan DMI. Apalagi masyarakat di sekitar masjid ikut terlibat aktif dalam kegiatan bersih-bersih masjid ini.

“Jangan sampai kegiatan membersihkan masjid ini hanya sebatas rutinitas ssaja, namun harus ditekankan pada upaya untuk mendidik aparat (pengurus) masjid agar mereka dapat membersihkan masjid dengan baik dan benar,” paparnya.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indoensia (PMI) Pusat ini pun mengimbau pengurus dan jama’ah masjid untuk mencontoh DMI yang telah memiliki program dan sistem terkait kebersihan dan pola pengaturan masjid,

“DMI sudah mempunyai programnya, ada revitalisasi masjid, baik dia punya sistemnya, baik dia punya kebersihannya, dan juga pola pengaturan masjid. Karena itulah, saya berterima kasih dan mudah-mudahan semua dapat kita lakukan,” ungkap Jusuf Kalla.

Dalam peresmian ini, Wapres Jusuf Kalla didamping sejumlah pengurus DMI Pusat, yakni Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H Andi Mappaganti, M.M., dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A.

Turut hadir Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Sunda Kelapa (MASK), Drs. H. Suhaeli Kalla., yang juga Bendahara PP DMI, dan Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, serta Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (LN) PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M.

Hadir pula Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi, serta perwakilan pimpinan dari PT. Unilever, Tbk. Lalu secara bersama-sama Sekjen PP DMI dan perwakilan dari PT. Unilever, Tbk, dan serta DKM MASK memperagakan cara mengepel lantai secara simbolis sebagai tanda dimulainya kegiatan membersihkan masjid.

Rencananya, kegiatan Bersih-Bersih 1.001 masjid ini akan diselenggarakan di 33 kota/ kabupaten di 11 provinsi di seluruh Indonesia yang mulai berlangsung sejak 21 April hingga 23 Mei 2017 nanti.

Sebenarnya, ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Program ini juga melibatkan partisipasi masyarakat di sekitar masjid untuk mendukung jamaah menjalankan ibadah dengan khusyuk, nyaman dan lancar.