DMI.OR.ID, PADANG – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, telah memberikan kata sambutan sekaligus meresmikan Masjid Baiturrahmah di lingkungan Universitas Baiturahmah, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Sabtu (15/7).

Dalam kegiatan ini, Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) turut didampingi Ketua PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, dan Dr. H. Sofyan Abdul Djalil, S.H.,M.A., M.A.L.D., yang juga Menteri Agraria dan tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Turut hadir Sekretaris PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A., dan H. Syahrul Ujud, S.H., yang pernah menjabat Wali Kota Padang, serta Ketua Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (LN) PP DMI, Ir. H. Rudiantara, M.B.A., yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI.

Hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB), Dr. H. Asman Abnur, S.E., M.Si., dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Drs. H. Nasrul Abit, serta Staf Khusus Wapres Bidang Umum, H. Muhammad Alwi Hamu.

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan sekretariat Wapres, Dr. Ir. H. Bambang Widianto, M.A., pun turut hadir dalam acara ini bersama-sama para ulama, tokoh, ninik  mamak, agamawan, serta para saudagar minang..

Dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Sabtu (15/7), Munawar Fuad menyatakan bahwa terdapat kehausan ibadah ritual dan spiritual di kalangan ummat Islam kini sehingga masjd semakin ramai dan makmur dengan spirit ummat Islam. “Semakin hari, masjid semakin ramai dan hidup. Spirit ummat untuk menghidupkan masjid semakin ramai,” tutur Munawar Fuad pada Sabtu (15/7).

Menurutnya, kini jumlah masjid semakin bertambah dan meningkat dengan cepat. Sedikitnya ada 800 ribu masjid diseluruh Indonesia dan jumlahnya terus meningkat. “Di era kekinian, masjid harus berperan lebih luas dan bermanfaat. Fungsi utama sebagai sarana beribadah, ritual, dan spiritual,” papar Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya seperti diucapkan Munawar.

Fungsi utama masjid, lanjut Wapres Kalla, harus dibarengi dengan peran dan upaya untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Seyogyanya masjid menjadi lebih multifungsi dalam mengelola kemanfaatannya.

“Masjid memiliki multimanfaat seperti untuk fasiitas pendidikan, kesejahteraan, kedamaian, keilmuan, ukhuwah dan persatuan ummat, serta fungsi lain yang bermanfaat bagi keummatan dan kehidupan kebangsaan,” ungkap Wapres Kalla.

Menurut Wapres yang akrab disapa JK itu, masjid berperan penting untuk membangun keseimbangan untuk menyiapkan kehidupan masa depan. Masjid juga berperan untuk mengisi kehidupan kekinian. “Kebersihan, Kesehatan dan keindahannya masjid pun harus terjaga,” ujarnya..

“Terlebih seperti masjid kampus yang megah ini, Masjid Baiturrahmah yang memiliki peran keilmuan, keimanan dan juga amal kebaikan. Hal ini penting seperti doa sapujagat untuk memohon bahagia, hasanah di dunia dan akherat”, jelas Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu dalam sambutannya.

Pembangunan Masjid Baiturrahmah ini diinisiasi oleh Yayasan Baiturrahmah dan mampu menampung sekitar 2.000 jama’ah. Masjid ini didominasi oleh kubah-kubah putih dengan ukuran yang bervariasi.

Masjid ini juga dihasi dengan ornamen kayu dan ukiran kaligrafi di dalamnya sehingga menjdi sangat apik dan megah. Masjid dengan menara bercat putih ini pun memiliki lampu-lampu kristal gemerlap yang menerangi bagian kubah masjid dan sekitarnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani