DMI.OR.ID., JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, meresmikan hasil renovasi Masjid Muhaiminurrais pada Jumat (16/12) di Markas Komando (Mako) Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) RI, Jakarta.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu mengajak anggota Paspampres untuk selalu memakmurkan masjid.

“Memakmurkan berarti memenuhi kebutuhan jiwanya, menenangkannnya, dan sebagainya. Artinya, kita baru enak kalau sejuk, kalau panas kita balik, tidak akan memakmurkan,” tutur Wapres Kalla seperti dikutip dari laman www.republika.co.id.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini pun mengapresiasi nama Muhaiminurrais milik masjid ini karena terkesan neral dan menyatukan ummat Islam dari Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah.

“Tadi agak bingung saya, saya pikir Amien Rais. Tapi kalau Muhaimin biasanya Muhaimin Iskandar kan, kalau Rais biasanya Amien Rais. Ini gabungan artinya pengawal para pemimpin,” tuturnya.

MAsjid ini, imbuhnya, juga Menggabungkan NU dan Muhammadiyah. “Amien Rais Muhammadiyah, Muhaimin NU, Jadi netral,” ungkap Wapres di Markas Komando (Mako) Paspampres, Jakarta, pada Jumat (16/12).

Wapres Kalla juga menyinggung soal akustik masjid dalam sambutannya. “Kalau sound system jelek, bagaimana kita bisa paham apa yang dikatakan khatib?” papar Wapres Kalla.

“Ya seperti digambarkan tadi, 80 persen waktu kita di masjid itu mendengar. Kalau sound system tidak bagus akhirnya tidak sampai, 80 persen hilang itu. Kasihan ustaznya jauh-jauh mesti enak didengarkan, jangan ngaung gitu,” jelasnya.

Wapres pun bertekad untuk memerbaiki 70 persen masjid di Indonesia yang sound system-nya masih bergaung. “Jadi, semua kita perbaiki dalam skala besar-besaran di seluruh Indonesia. Dimana-mana, 70 persen masjid masih ngaung,” ujarnya.

Menurutnya, anggota Paspampres harus meramaikan masjid yang baru diresmikan ini. “Semakin makmur kalau ramai. Kita harus memelihara dan banyak beribadah di situ,baru makmur,” ucapnya seperti dikutip dari laman http://news.metrotvnews.com/.

Dalam kegiatan ini, Wapres yang akrab disapa Daeng Ucu itu didampingi oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., dan Sekretaris PP DMI, H. Syahrul Ujud, S.H., serta Komandan Paspampres, Brigadir Jederal (Brigjend) TNI (Marinir). Bambang Suswantono.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani